HSN di Tengah Pandemi Covid-19, Santri Harus Sehat dan Kuat

UPACARA: Hari Santri Nasional (HSN) 2020 dirayakan dengan upacara yang turut diikuti oleh Forkopimda. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Hari Santri Nasional yang dirayakan setiap tanggal 22 Oktober 2020 diperingati di berbagai daerah di Indonesia. Di Kabupaten Cianjur, HSN dirayakan di Pendopo Pemerintah Kabupaten Cianjur yang diikuti oleh ormas islam dan MUI tingkat kecamatan di Kabupaten Cianjur.

Selain itu, Kapolres Cianjur, AKBP Mochammad Rifai, Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadan, dan Dandim 0608 Cianjur, Letkol Kav Ricky Adinuryadi pun turut menghadiri upacara ini dengan berbaju muslim putih.

Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudrajat bertugas sebagai pembina upacara sambutannya mengatakan, saat ini Indonesia berada dalam kondisi New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Sehingga setiap event harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Yaitu pakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan,” ujarnya.

Lanjutnya, Hari Santri Nasional 2020 mengambil tema besar, ‘Santri Sehat, Indonesia Kuat’. Seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Hari Santri Nasional.

“Tema ini menunjukan sinergitas untuk mencehah Covid-19. Sehat bisa diartikan kebugaran dan perbuatan baik lahir maupun lahir. Dengan sehat akan berwujud kualitas SDM yang mumpuni dan berprestasi. Dengan sehat juga mendorong pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Ia mengimbau, jadikan Hari Santri Nasional sebagai momentum untuk membulatkan tekad dan membangkitkan semangat untuk mencegah penularan Covid-19. Sehingga bisa menjalani kehidupan normal.

“Mari kita bangkit dalam pencegahan Covid-19 dengan adaptasi kebiasaan baru. Tetap dalam kesederhanaan dan kekhidmatan. Saya yakin dengan kedisiplinan yang baik Covid-19 bisa hilang dari bumi ini,” jelasnya.

“Selamat Hari santri yang kelima dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19. Santri sehat Indonesia kuat,” tambahnya. (kim)