Realisasikan Banprov, Pemdes Palasari Renovasi Empat Gedung

TUNJUKKAN: Kepala Desa Palasari, Cipanas menunjukkan proyek pembangunan yang bersumber dari bantuan provinsi. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dan memberikan kenyamanan ruang kerja, Pemerintah Desa Palasari, Kecamatan Cipanas merenovasi ruang Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) serta ruang khusus dapur umum sejak dua pekan lalu hingga kini.

Adanya pembangunan tersebut tak lepas dari anggaran yang digelontorkan pemerintah, terutama untuk realisasi saat ini adalah dana bantuan provinsi atau Banprov.

Kepala Desa Palasari, H. M Ridwan mengatakan, proyek fisik senilai Rp 76 juta ini direalisasikan Pemdes untuk merenovasi gedung BPD, Pustu posyandu, pengecatan dan pembuatan dapur umum.

“Udah dua minggu yang lalu kami lakukan pembangunan ini, yang ditargetkan insya Allah bisa beres satu bulan atau 30 hari kerja,” ujar Ridwan kepada radarcianjur.com.

Dalam proses pembangunannya pun, kata Ridwan dilakukan swadaya memberdayakan warga setempat yang memang ahli di bidangnya.

“Alhamdulillah untuk pembangunannya dilakukan swakelola. Hal ini kami tempuh demi meningkatkan partisipasi masyarakat dan memberdayakan warga yang ada,” katanya.

Ridwan mengungkapkan, alasan dari adanya renovasi ruang BPD dan pembuatan dapur umum ini sebab, telah hampir 12 tahun belum ada perbaikan selama pemerintahan desa ada.

“Sejak dibangun pertama waktu lalu hingga kini belum ada perbaikan sama sekali. Makanya kami prioritaskan juga renovasi ini untuk peningkatan kapasitas daripada pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Ridwan menambahkan, karena adanya beberapa elemen lembaga yang ada di desa terutama untuk kepentingan dan kemanfaatan gedung, seperti dapur umum dan Pustu, pihaknya akan tingkatkan dan akan memprioritaskan.

“Apalagi untuk pelayanan Pustu bagi kepentingan masyarakat Desa Palasari, kami akan prioritaskan supaya tidak harus langsung ke Puskesmas, tapi kami sediakan seperti tahun 2007 lalu, segala bentuk pelayanan bisa di kantor desa,” tuturnya. (dan)