Warga Terdampak Banjir Dievakuasi ke Tenda Darurat Desa

MENGEVAKUASI: Aparat petugas Kepolisian dan TNI tengah mengevakuai warga terdampak banjir di Kecamatan Sindangbarang Cianjur. Foto : istimewa

RADARCIANJUR.com – Hujan deras yang mengguyur Desa Jayagiri Kecamatan Sindangbarang selama kurang lebih lima jam mengakibatkan air sungai Ciwaduk meluap dan merendam rumah warga.

Sekretaris Desa (Sekdes) Jayagiri, Santun Nugraha mengatakan, ketinggian air saat ini mencapai 75 sentimeter akibat hujan deras yang mengguyur dari pukul 16:00 WIB hingga pukul 21:00 WIBWIB pada Minggu (25/10/2020).

“Hingga hari ini, sekitar 440 rumah terdiri dari tiga Kampung yaitu Kampung Cigarogol, Kampung Cimahi dan Kampung Nyalindung,” ujarnya saat dihubungi Wartawan radarcianjur.com via telepon, Senin (26/10/2020).

Sementara, Kepala Desa Jayagiri Endang Solehuddin mengatakan, terjadinya banjir selain hujan deras namun dikarenakan adanya penyempitan sungai Ciwaduk yang sebelumnya Jalan Nasional Selatan Cianjur dilakukan peninggian.

“Sungai tersebut lebarnya 10 meter dan dangkal tiga meter karena tidak ada pengerukan sehingga air mudah meluap. Tidak ada gorong-gorong di sekitar kampung tersebut,” paparnya.

“Ketinggian air akan terus naik apabila hujan tidak kunjung reda,” lanjutnya.

Sementara Camat Sindangabranag, Djoko Purnomo menambahkan, saat ini beberapa warga sudah mulai dilakukan evakuasi ke tenda darurat yang sudah disediakan di Desa Jayagiri.

“Untuk ruas Jalan Nasional Cianjur Selatan juga terendam sejauh setengah kilometer dengan ketinggian kurang lebih 70 sentimeter,” tutupnya. (kim)