KPU Siapkan APK dan Rapid Tes di 4.968 TPS

Dana Kampanye Pilkada 2020 Cianjur Terbesar Se-Indonesia.

RADARCIANJUR.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur siapkan logistik alat pelindung diri dan pelaksanaan rapid tes kelompok penyelenggara pemungutan suara yang akan bertugas di 4.968 TPS.

Rapat diadakan sebagai bentuk koordinasi KPU Kabupaten Cianjur dengan pemerintah daerah dan berlangsung di kantor KPU Kabupaten Cianjur, Senin (26/10/2020).

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Rustiman, mengatakan agenda membahas kesiapan terkait logistik APD dan pelaksanaan rapid test bagi anggota KPPS se-Kabupaten Cianjur.

“KPU Cianjur menggelar rakor bersama pemerintah daerah. Sebagaimana tercantum dalam regulasi bahwa anggota KPPS wajib melakukan rapid test,” kata Rustiman Selasa (27/10/2020).

Menurut Rustiman, KPU berharap pemerintah daerah dapat menindaklanjuti terkait mekanisme dan teknis pelaksanaan rapid test tersebut agar tidak ada kendala.

Sementara pihak pemerintah daerah akan terus melakukan koordinasi dengan KPU Kabupaten Cianjur terkait dengan pengadaan logistik APD tahapan pemilihan serentak dan pelaksanaan rapid test bagi anggota KPPS nanti.

Pjs Bupati Cianjur, Dudi Sudrajat, menerima surat dari KPU Cianjur agar KPPS yang akan bertugas di TPS digratiskan saat pemeriksaan kesehatan di Puskesmas.

Sebelumnya petugas TPS harus bayar Rp25 ribu untuk periksa kesehatan di Puskesmas wilayah masing-masing.

“Saya sudah menerima surat dari KPU perihal permohonan untuk menggratiskan pemeriksaan petugas TPS yang akan bertugas nanti,” ujar Dudi.

Dudi mengatakan, mendapat permohonan dari KPU Cianjur pihaknya sudah meminta kepada Dinas Kesehatan untuk memfasilitasi hal tersebut.

“Kami sudah mengkoordinasikan dengan Dinas Kesehatan agar petugas TPS tersebut digratiskan,” kata Dudi.(dil)