Longsor Hantui Warga Cianjur Selatan

Longsor Hantui Warga Cianjur Selatan

RADARCIANJUR.com – Sebanyak 14 rumah di Desa Kertamukti Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, mengalami kerusakan akibat longsor, yang terjadi pada Minggu (1/11/2020).

Selain merusak rumah bencana longsor juga menimpa jalur Cipunaga Citales sehingga jalan Desa Kertamukti tak bisa dilalui.

Di desa lainnya hujan yang mengguyur kawasan Cianjur Selatan ini juga menyebabkan banjir dan longsor di Desa Kertasari. Hujan yang menyebabkan banjir rata-rata turun sejak siang pukul 14.00 WIB.

Di Desa ini banjir melanda Kampung Cisayang yang disebabkan meluapnya Sungai Ciogong. Sebanyak 20 rumah penduduk di kampung tersebut sempat terendam.

“Hujan deras turun dari jam 14.00 WIB, setiap hari sekarang hujan. Sebanyak 20 rumah di Kampung Cisayang Desa kertasari sempat terendam. Waktu sore kemarin itu ketinggian air sampai dagu pria dewasa,”ujar Endang Sopandi(45) salah seorang tokoh pemuda Desa Kertasari.

Endang mengatakan, bencana yang melanda desa kelahirannya tak hanya sekadar banjir. Ia mengatakan di Kampung Cigobang juga terjadi juga bencana longsor yang menutup jalan desa.

“Kalau di Kampung Cigobang  itu terjadi longsor, ruas jalan desa  di sana juga tertutup longsor,” katanya.

Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Cianjur terus mengimbau kepada warga untuk waspada bencana hidrologi seperti banjir dan longsor saat musim hujan sekarang.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, M Irfan, mengatakan, pihaknya terus melakukan assesment terhadap laporan adanya bencana yang rata-rata menerjang kawasan Cianjur Selatan.

“Kami terus melakukan assesment dibantu para relawan bencana yang sudah turun ke lokasi dimana dilaporkan terjadi bencana hidrologi,” katanya. (dil)