Kamar Isolasi Pasien Positif Covid-19 di Bumi Ciherang Penuh

Vila Bumi Ciherang Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur yang menjadi tempat isolasi pasien positif Covid-19. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Vila Bumi Ciherang Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur yang menjadi tempat isolasi pasien positif Covid-19 menurut informasi gugus tugas Covid-19 Kabupaten Cianjur, penuh.

Bahkan sebanyak sepuluh pasien kini masih menunggu giliran, karena tak kebagian kamar dari penuhnya ruang isolasi tersebut.

“Jumlah ruang isolasi di Vila Bumi Ciherang Pacet yang disediakan Pemkab Cianjur sangat terbatas yakni hanya 60 kamar,” kata Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Cianjur Yusman Faisal kepada wartawan, Senin (2/11/2020).

Penuhnya kamar isolasi di tempat tersebut, kata Yusman, disebabkan adanya pasien positif tanpa gejala atau OTG. Sehingga mereka harus menunggu giliran hingga diberlakukan daftar antrian agar bisa dirawat.

Bahkan Yusman menyebut, pasien positif tanpa gejala atau OTG tersebut jumlahnya kini mencapai 70 orang.

“Ruang isolasinya penuh sehingga kami berlakukan sistem daftat tunggu,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan, mereka yang tidak kebagian kamar untuk sementara waktu dilakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan ketat dari Satgas Covid-19 Kabupaten Cianjur.

“Gak akan menunggu lama, begitu ada kamar kosong langsung diganti pasien berikutnya,” katanya.

Menurut Yusman, pihaknya akan melakukan penambahan kamar isolasi di Vila Bumi Ciherang Pacet, mengingat jumlah pasien positif Covid-19 di Cianjur terus bertambah.

“Kita usahakan melakukan penambahan kamar minimal dua kali dari jumlah kuota saat ini. Jika saat ini hanya ada 60 kamar berarti kita tambah lagi 60 sehingga jadi 120 kamar,” terangnya.

Untuk mengingatkan, bahwa jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Cianjir saat ini mencapai 239 kasus. Sebanyak 135 pasien sudah dinyatakan sembuh dan 104 lainnya masih menjalani perawatan baik di rumah sakit maupun di tempat isolasi khusus. (dan)