100 Awak Angkutan dan Penumpang di Terminal Pasirhayam Dirapid Test

DI TEST MASSAL : Petugas medis melakukan rapid tes kepada awak angkutan di Terminal Pasirhayam. Foto : Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur melakukan rapid test massal kepada awak angkutan dan penumpang di Terminal Pasirhayam, Selasa (3/11/2020).

Rapid tes tersebut sebagai tindak lanjut dari kampanye program Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak (3M) yang dicanangkan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pada kegiatan ini ada 100 orang awak angkutan dan penumpang yang di rapid tes. Untuk yang hasilnya reaktif langsung dilakukan test swab di Lab Kesda Kabupaten Cianjur.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dr Irvan Faisal mengatakan, tema dari kegiatan ini adalah Heup Cicing Covid-19, yang artinya kita menyadari pnademi Covid-19 ini belum berakhir.

“Kita mengetahui bahwa penyakit ini makin hari angkanya makin bertambah,” kata Irvan pada radarcianjur.com.

Irvan mengatakan adanya informasi ditemukanya vaksin menjadi harapan pemberian imunisasi paling cepat di tahun depan.

“Selama periode ini kita tidak boleh diam menunggu vaksin datang, dan tidak bisa sekaligus tentunya bertahap dan selama itu kita harus menjaga diri, keluarga, lingkungan dan masyarakat,” kata Irvan.

Menurut Irvan, cara yang paling mudah untuk menjaga diri adalah dengan penerapan protokol kesehatan, perilaku kesehatan 3M.

“3M salah satu bentuk kampanye yang kita lakukan serentak di Provinsi Jawa Barat,” ujar Irvan.

Lanjut Irvan untuk di Kabupaten Cianjur kampanye 3M dilakukan di setiap Puskesmas.

“Setiap kampanye 3M Puskesmas menyediakan 100 rapid tes secara gratis,” pungkasnya. (dil)