Pengadaan Logistik Dipercepat, KPU Cianjur Takkan Mengulang Kesalahan yang Sama

Komisi Pemilihan Umum

RADARCIANJUR.com – Satu bulan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, berbagai persiapan sudah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di setiap daerah yang melaksanakan.

Di Kabupaten Cianjur, dengan luas wilayah 3.432,96 kilometer, memiliki 32 kecamatan, 6 kelurahan, dan 354 desa. Tentunya membuat KPU Cianjur mempercepat pengadaan logistik, sehingga tidak terjadi keterlambatan saat pendistribusian.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur Selly Nurdinah mengatakan, pihaknya menargetkan sebelum 20 November 2020 logistik untuk Pilkada sudah sudah tersedia.

Saat ini sebanyak 5.160 kotak suara dan 14.904 bilik suara untuk 4.968 TPS di 32 kecamatan sudah tersimpan di Gudang KPU Cianjur.

Ia mengungkapkan, jika untuk satu kotak suara per TPS dikalikan 4.968 TPS dan kebutuhan kotak suara enam per PPK untuk menyimpan formulir sampul C Plano. Sedangkan untuk bilik suara per TPS 3 bilik suara.

“Kita secara bertahap melakukan pengadaan logistik pemilu. Bahkan saat ini untuk kotak dan bilik suara sudah siap,” ungkapnya.

Namun untuk logistik lain seperti surat suara, ia masih melakukan komunikasi dengan pihak penyedia untuk memastikan surat suara sudah tersedia sebelum 20 November 2020 mendatang.

“Kami sedang memastikan kapan surat suara itu siap. Ditargetkan sebelum tanggal 20 November itu sudah ada di KPU untuk selanjutnya di distribusikan,” terangnya.

Lanjutnya, percepatan dilakukan lantaran sebelumnya Cianjur pernah mengalami keterlambatan distribusi logistik saat Pileg dan Pilpres pada tahun 2019 lalu. Sehingga hal tersebut menjadi cerminan agar tidak kembali terulang.

“Kami tidak mau itu terulang lagi, Makanya pengadaan hingga distribusi dilakukan percepatan,” tutupnya. (kim)