Gelar Empat Pilar Kebangsaan, Anggota DPR RI Diah Pitaloka: Kebudayaan Menjadi Pundamental

DISKUSI: Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Diah Pitaloka tengah berdiskusi dengan sejumlah seniman Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Diah Pitaloka menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan yang berlangsung di Gedung Kesenian Cianjur, Sabtu (7/11/2020).

Politisi PDI Perjuangan Dapil III Jabar tersebut, menyebut bahwa kebudayaan di Indonesia ini merupakan sebuah Pundamental atau pondasi dalam membangun karakter bangsa.

“Jadi saya mengingatkan kembali tentang Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika serta Undang-undang dasar 45 dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk dasar negara kita,” ujar Diah Sabtu (7/11/2020).

Menurut Diah, yang paling substantif dalam penyampaikan Empat Pilar Kebangsaan ini yakni tentang Trisakti berdaulat di bidang politik, bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam budaya.

“Jadi artinya pendiri bangsa ini mengetengahkan budaya sebagai salah satu yang menjadi pondasi substantif fundamental mendasar dari kehidupan bangsa Indonesia,” kata Diah.

Politisi asal Bogor ini pun cukup senang gedung kebudayaan di Cianjur ini masih berdiri. Meskipun secara bentuk fisik mesti ada perbaikan dan rehab gedung, agar semakin kokoh.

“Walaupun gedung kebudayaan Cianjur ini kembali dibuka, tapi saya sedih melihat kondisinya,” ujarnya.

Namun disisi lain, Diah mengatakan, ternyata hal yang cukup memberi harapan dan semangat berkesenian di Cianjur itu masih cukup tinggi. Meskipun dilakukan di luar keterbatasan gedung yang ada.

“Doakan saya mudah-mudahan gedung kesenian di Cianjur ini dapat direnovasi secara lebih layak. Agar para seniman muda dan semuanya bisa lebih berkreasi secara maksimal,” ujarnya. (dan/adv)