Jalur Menuju Puncak Merayap, Polres Cianjur Buka Tutup Arus

Jalur Pacet, Cipanas, menuju Puncak Cianjur mengalami kepadatan lalu lintas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Jalur Pacet, Cipanas, menuju Puncak Cianjur mengalami kepadatan lalu lintas. Perberlakuan sistem buka tutup arus pun dilakukan Polres Cianjur dengan mengalihkan kendaraan ke jalur alternatif.

Berdasarkan pantauan radarcianjur.com, sejak pukul 10.00 pagi hingga pukul 14.00 Wib, arus kendaraan dari Cianjur menuju Puncak nampak padat.

Kemacetan terjadi di beberapa titik, terutama akses menuju destinasi wisata yang berada di wilayah Cianjur bagian Utara. Namun untuk arah sebaliknya atau dari Puncak menuju Cianjur terpantau ramai lancar.

Kepala Unit (Kanit) Dikyasa Satlantas Polres Cianjur, Ipda Budi Setiayuda mengatakan, tingginya volume kendaraan pada weekend ini, membuat pihaknya melakukan antisipasi agar tidak terjadi macet total di sepanjang jalur Puncak-Cianjur.

Pasalnya antrean kendaraan menuju Bogor sudah mencapai kawasan Ciloto Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

“Kepadatan jalur di kawasan Puncak Cianjur mulai terjadi tadi pagi. Karena ekor sudah sampai Ciloto. Kami menutup jalur menuju Cipanas mulai dari perempatan Tugu Lampu Gentur-By Pass Cianjur,” ujarnya, Sabtu (7/11/2020).

Ipda Budi menyebut, bahwa selama jalur ditutup, kendaraan dengan tujuan Jakarta dialihkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi. Dengan begitu, arus lalulintas pun tidak akan menumpuk dan tersendat di kawasan Puncak.

“Penutupan diberlakukan pada pukul 11.00 Wib dan akan dibuka kembali setelah arus lalulintas kembali normal,” sebutnya.

Meski sempat ditutup dua jam, dan kemudian dibuka kembali, namun tidak menutup kemungkinan menjelang magrib ditutup lagi dari arah Cianjur menuju Puncak jika arus kembali padat dan antrean sudah mengekor ke Cipanas.

“Sempat ditutup juga karena ada evakuasi kendaraan yang terlibat laka dini hari tadi di Jalur By Pass Cianjur. Tapi sudah kembali normal lagi,” katanya. (dan)