Perumdam Cianjur Gratisakan Pemasangan Air Bersih

Direktur Perumdam Tirta Mukti Budi Karyawan

RADARCIANJUR.com – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, akan gratiskan pemasangan untuk 5 ribu warga miskin.

Direktur Perumdam Tirta Mukti Budi Karyawan mengatakan penggratisan pemasangan air bersih dilakukan sebagai bagian untuk mengejar target sustainable development goals (SDG’s) karena cakupan layanan air bersih bagi masyarakat di Kabupaten Cianjur yang relatif masih rendah

“Berdasarkan hasil penghitungan, cakupan layanan air bersih Perumdam Tirta Mukti masih di bawah kisaran 13%. Karena itu, solusi memberikan cakupan layanan air bersih dilakukan dengan menggratiskan pemasangan baru bagi masyarakat,” kata Budi kepada RADARCIANJUR.com Minggu (8/11/2020)

Menurut Budi, saat ini jumlah pelanggan air bersih Perumdam Tirta Mukti itu baru di kisaran 50 ribu sambungan tersebar di 11 kantor cabang.

“Tahun depan kita programkan lagi penambahan 5 ribu sambungan air bersih melalui program MBR,” ujarnya

Budi mengatakan, cakupan 5 ribu sambungan baru air bersih tersebar di sejumlah wilayah di timur dan selatan Kabupaten Cianjur. Di antaranya seperti di Kecamatan Cianjur, Bojongpicung, Sukaluyu, Haurwangi, Pagelaran, Cidaun, dan Sindangbarang.

“Biaya pemasangan baru sambungan air bersih Perumdam Tirta Mukti itu sebesar Rp1.650.000. Nah, untuk MBR kita gratiskan pemasangannya,” katanya.

Lanjut Budi, jika berhitung rata-rata setiap pelanggan membayar tagihan air bersih sebesar Rp50 ribu, pendapatan dari 5 ribu sambungan air bersih itu hanya Rp250 juta per bulan, besaran pendapatan itu tentu cukup jomplang dengan biaya pemasangan.

“Tapi target kami adalah cakupan layanan. Tingkat konsumsi air bersih masyarakat juga menjadi salah satu indikator akselerasi peningkatan IPM,” pungkasnya. (dil)