Pelaku Usaha Mikro Punya Hak Pemasarannya di Hotel dan Ritel Modern, Ini Penjelasan Diskoperdagin

Kepala Bidang Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Diskoperdagin Kabupaten Cianjur, Indra Sunggara. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kepala Bidang Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Diskoperdagin Kabupaten Cianjur, Indra Sunggara menyebut, bahwa pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Cianjur memiliki hak pemasarannya dilakukan di hotel, restoran dan ritel modern.

“Dalam hal pemasaran bagi pelaku usaha mikro kecil sesuai surat edaran dari Bupati dan peraturan daerah (Perda) nomor 4 tahun 2020 tentang pemberdayaan UMKM di mana, pelaku UMKM itu punya hak untuk memasarkan produknya di hotel, restoran dan ritel modern,” terang Indra kepada radarcianjur.com

Menurutnya, bahwa para pengusaha tadi harus menyediakan space yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku UMKM, berdasarkan Perda nomor 4 tadi.

“Jadi kalau dulu UMKM itu memasarkan produknya agak susah untuk masuk ke hotel atau restoran, tapi sekarang kita fasilitasi dalam bentuk Perda nomor 4 tahun 2020 tadi. Sehingga mereka punya kekuatan,” tuturnya.

Adapun peraturan tersebut, Indra berujar, baru lahir di awal tahun ini. Namun, karena ada pandemi Covid-19 kemarin, jadi realisasinya pun sedikit terhambat.

“Tapi sudah berjalan realisasinya beberapa waktu dekat kemarin. Bahkan Pak Bupati yang mengundang para pengusaha tersebut untuk bisa bekerjasama dan menumbuhkan iklim pemasaran di Cianjur ini lebih maju,” ujarnya.

Selain itu, Indra menuturkan, bahwa dorongan pemerintah yang sudah direalisasikan bagi para pelaku usaha mikro sampai saat ini diantaranya adalah dengan melaksanakan kegiatan pelatihan kewirausahaan.

“Kemarin sampai ada beberapa angkatan yang telah melakukan pelatihan yang sumber anggarannya dari APBN dan APBD provinsi serta APBD Kabupaten,” katanya.

“Jadi tahun ini dalam rangka pemulihan ekonomi, kita berusaha untuk melaksanakan pelatihan kewirausahaan guna meningkatkan SDM pelaku UMKM tadi,” sambungnya. (dan)