Longsor Terjadi di Dua Titik Jalur Tanggeung, Jalan Sempat Tertutup Tanah

BAHU-MEMBAHU: Sejumlah warga dan relawan di wilayah setempat tengah mengevakuasi material longsor yang sempat tutupi jalan Tanggeung Cianjur Selatan. Foto: Dokumentasi Warga For Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Longsor terjadi di dua titik di Kampung Patrol Desa Tanggeung Kecamatan Tanggeung, Kabupaten Cianjur, sekitar Pukul 15.00 Wib, Selasa (10/11/2020).

Menurut informasi yang dihimpun, material longsor yang berupa tanah, batu dan pepohonan itu amblas disaat curah hujan di wilayah tersebut cukup tinggi.

“Longsor ada dua titik kang. Keduanya masih di Desa Tanggeung Cianjur Selatan. Material yang tergerus diatas berupa tanah, batu dan sejumlah pohon,” ujar Anggota Tagana Kabupaten Cianjur, Solihudin (31) saat dikonfirmasi radarcianjur.com, petang ini.

Ia menyebut, bahwa longsoran itu amblas dari ketinggian tebing sekitar 50 meter dari jalan. Jalur lintas selatan yang menghubungkan Tanggeung dan Cibinong tersebut pun sempat terhenti.

“Saat itu material sempat menutupi jalan. Sehingga akses warga sempat terhambat dan tak bisa melintas,” kata dia.

Namun, setelah beberapa waktu, baik warga dan juga relawan disana berupaya mengevakuasi material longsor dengan menggunakan alat seadanya.

“Alhamdulillah setelah sekitar setengah jam dievakuasi, kendaraan roda dan empat sudah bisa lewat. Termasuk alat berat dari Pemprov pun diterjunkan untuk membersihkan material disana,” tuturnya.

Sementara itu, dinas terkait dari Pemerintah Kabupaten Cianjur tengah melakukan komunikasi dan akan segera menangani bencana di Cianjur Selatan itu. (dan)