Tiga Unsur Ini Berikan Penyuluhan Warga Terdampak Covid-19

Anggota DPR RI Komisi XI, Ecky Awal Mucharam bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bekerjasama dengan Yayasan Ishlahul Ummah Cianjur memberikan penyuluhan sekaligus membagikan paket sembako.

RADARCIANJUR.com – Dampak wabah pandemi yang berkepanjangan membuat ekonomi masyarakat semakin sulit. Mulai dari banyaknya perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawannya, hingga tutupnya berbagai usaha kecil dan menengah. Hal tersebut tentu sangat berimbas terhadap jasa keuangan.

Akibat dari banyaknya PHK pun, berdampak pula pada perusahaan dengan macetnya pembayaran cicilan kredit masyarakat terhadap jasa pembayaran seperti leasing dan sejenisnya.

Maka, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat akibat Pandemi Covid-19 tersebut, Anggota DPR RI Komisi XI, Ecky Awal Mucharam bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bekerjasama dengan Yayasan Ishlahul Ummah Cianjur mengadakan sosialisasi dan penyuluhan jasa keuangan terkait stimulus OJK.

Dalam pelaksanaan sosialisasi itu pun dilakukan secara door to door di beberapa Kecamatan, yakni Cikalongkulon dan Kecamatan Cibeber, mulai Kamis hingga Sabtu (5-7/11/2020).

“Masalah berat yang dirasakan masyarakat sekarang ini adalah ketidakmampuan membayar cicilan kredit, baik kredit kendaraan maupun kredit perumahan,” kata Ecky saat memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

Untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan jasa keuangan, lanjut Ecky, Otoritas Jasa Keuangan mengeluarkan kebijakan restrukturisasi kredit atau pembiayaan berupa keringan kepada masyarakat yang mempunyai hutang kepada Bank atau jasa leasing.

Yayasan Ishlahul Ummah Cianjur yang diberi kesempatan oleh OJK untuk melaksanakan penyuluhan jasa keuangan telah mendata 500 kepala keluarga (KK) terdampak secara ekonomi akibat Pandemi Covid-19 di dua kecamatan tersebut.

Irwan Kurnia Alam selaku Ketua Yayasan mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang terdampak. Karena selain bisa mengetahui kebijakan yang dikeluarkan OJK, juga pada kesemapatan itu dibagikan pula paket sembako.

“Kami membagikan sembako dan buku penyuluhan kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat Pandemi Covid-19 dengan diberikan langsung secara door to door sehingga bantuan akan sampai tepat sasaran sesuai anjuran,” pungkasnya. (dan)