Umrah Telah Dibuka, Ini Penjelasan Kemenag Cianjur

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Pembukaan kembali ibadah umrah telah dilakukan setelah jeda sekitar tujuh bulan lalu akibat pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, Arab Saudi mengumumkan pembekuan sementara ibadah umrah pada Maret 2020, dan memberikan izin bagi jamaah untuk kembali melakukan ibadah umrah khusus di Indonesia, mulai 1 November 2020 kemarin.

Namun disisi lain, dalam teknis jumlah kuota dan usia jamaah yang berangkat pun ada batasannya. Seperti halnya yang dilakukan di Kabupaten Cianjur.

“Kalau setiap pemberangkatan misalnya 50 orang sekali berangkat, kini paling setengah dari kuota itu. Jadi masih dibatasi,” ujar Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cianjur, Pardi Suhardian kepada radarcianjur.com di Wisma Ciloto, Selasa (10/11/2020).

Termasuk dalam aturan usia pun, Pardi menyebut, mulai dari umur 18 tahun sampai 50 tahun. Itupun dengan memilki persyaratan di masa new normal pandemi Covid-19 saat ini.

“Memang umrah sudah mulai berjalan, tapi ada batasannya. Termasuk usia dan syarat jamaah harus memiliki bukti bebas dari virus covid-19. Setelah memenuhi persyaratan, maka akan mendapatkan izin menjalankan ibadah umrah,” katanya.

Termasuk, selama menjalani ibadah pun, Pardi mengatakan, jamaah wajib menggunakan masker dan mematuhi prosedur pencegahan protokol kesehatan Covid-19.

“Bagi mereka yang datang ke Masjidil Haram melalui pusat pengangkutan jamaah umrah, diminta menggunakan sarana transportasi yang telah disediakan. Setelah melaksanakan ibadah, jamaah diminta segera kembali ke pusat pengangkutan atau tempat berkumpul jamaah umrah,” tuturnya. (dan)