Kesbangpol Ajak Tokoh Agama dan Masyarakat Kampanyekan Pilkada Sehat

Kesbangpol provinsi Jawa Barat dan Cianjur melaksanakan Rakor silaturahmi kepada para tokoh agama dan masyarakat jelang Pilkada serentak 2020. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Badan Kesatuan Bangsa dan politik (Bakesbangpol) provinsi Jawa Barat melaksanakan rapat koordinasi dan silaturahmi kepada para tokoh agama dan masyarakat dalam rangka Pilkada serentak 2020 yang sehat dan mewujudkan kondusifitas wilayah Jabar.

Acara yang berlangsung di Hotel Sangga Buana, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Rabu (11/11/2020) itu dihadiri langsung Kepala Bakesbangpol Provinsi Jabar, Iip Hidayat, Kasubdit Fasilitasi Peningkatan Demokrasi Ditjen Polpum Kemendagri Republik Indonesia, Rahmat Santoso, Kepala Pusat Studi Politik dan Keamanan Undap, Muradi, Kepala Kesbangpol Kabupaten Cianjur Dadan Ginanjar, dan sejumlah unsur terkait dalam Pilkada.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa barat, Iip Hidayat mengatakan, silaturahhmi sekaligus diskusi ini dilakukan di delapan kabupaten kota yang yang akan melakukan Pilkada. Dengan harapan, pelaksanaannya berjalan dengan sehat, sebab ditengah pandemi Covid-19.

“Jadi kami hampir rutin melaksanakan rakor ini, untuk memastikan di setiap kota/kabupaten yang melaksanakan Pilkada berjalan dengan solid antar penyelenggara dan peserta nanti,” kata Iip kepada radarcianjur.com, Rabu (11/11).

Termasuk hingga saat ini, lanjut Iip, persiapan logistik dan produk kesehatan sebagai penunjang pelaksanaan Pilkada di masa Pandemi ini terkendali dengan lancar.

“Kami belum ada menemukan hal-hal yang menjadi hambatan Kang. Alhamdulillah kita bisa mengantisipasi dengan silaturahhmi seperti ini,” kata dia.

Iip mengaku, dalam hal ini pihaknya pun telah berupaya melakukan sistem jemput bola untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tak diinginkan jelang Pilkada di masa pandemi ini. Sehingga akhirnya bisa menjadi sebuah budaya yang dihormati bersama.

“Sejauh ini kami memantau, bahwa tahapan-tahapan Pilkada di Jabar cukup aman, jika dibandingkan dengan pelaksanaan Pilkada sebelumnya. Karena kini dilaksanakan sedikit terbatas karena Covid-19,” katanya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cianjur, Dadan Ginanjar mengatakan, kesiapan yang sudah dilakukan oleh Kesbangpol Cianjur sebagaimana dalam amanat-amanat yang telah disampaikan mulai dari tingkat atas hingga ke daerah sudah dilakukan secara maksimal.

“Harapan kami tentu Pilkada ini harus bisa terselenggarakan dengan aman, sehat, kondusif dan tepat waktu,” kata Dadan.

Termasuk, Dadan menambahkan, sangat berharap rekor target 77 persen partisipasi pemilih nanti bisa tercapai.

“Pasca Pilkada nanti pun, kami harapkan bisa tetap aman, dan dilantik sesuai dengan aturan-aturan yang diterapkan KPU dan Bawaslu,” pungkasnya. (dan)