Tingkatan Kesejahteraan Petani di Takokak

BERBINCANG: Calon Bupati Cianjur, Herman Suherman mendengarkan masukan dan harapan dari ibu-ibu petani di Desa Pasawahan, Takokak, kemarin. FOTO: BHSM FOR RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com -Calon Bupati Cianjur nomor urut tiga, Herman Suherman melakukan pertemuan dengan para petani teh dan sayur mayur di Desa Pasawahan, Kecamatan Takokak, Selasa (10/11). Dalam pertemuan tersebut, Herman memaparkan strategi peningkatan kesejahteraan para petani.

“Insya Allah saya sudah menyiapkan program pendampingan petani lewat BUMD. Saya mau petani ini dibimbing baik dari segi permodalan maupun pemasaran,” ujar Herman di Kampung Ciparai, Desa Pesawahan, Kecamatan Takokak.

Ia mengatakan, untuk bisa meningkatkan kesejahteraan petani memang harus ada campur tangan dari pemerintah. Ke depan, Herman merencanakan akan membentuk tim penyuluhan satu desa satu penyuluh yang akan mendampingi para petani.

“Masalahnya di petani kita itu bukan soal kepintaran menanam. Petani kita itu masih kurang dari segi penjualannya. Makanya ke depan harus ada ‘1 desa 1 penyuluh’,” kata Herman.

Selain itu, Herman juga merencanakan akan membuat gudang pertanian per-kecamatan. Gudang ini nantinya digunakan petani untuk menyimpan hasil pertaniannya sebelum dijual.

“Kita juga akan sediakan kulkas pendingin yang bisa menyimpan sayur-sayuran milik petani itu sebelum dijual baik langsung ke pasar-pasar atau ke pengepul,” jelas Herman.

Herman yakin dengan cara demikian hasil pertanian di setiap Kecamatan bisa menyuplai seluruh kebutuhan pasar-pasar yang ada di Cianjur.

“Jadi tidak lagi para pedagang sayur di pasar ngambilnya dari Bandung atau daerah lain. Cianjur itu tanahnya subur kok kita bahkan bisa menyuplai ke kota/daerah lain,” tegas Herman.

Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Cianjur petahana ini mengusung program peningkatan produktivitas 1.000 lahan pertanian sebagai salah satu program unggulan.(*/yaz)