Gapoktan Balekambang Dukung Program Herman-Mulyana

INTERAKTIF: Calon Bupati Cianjur, Herman Suherman berdialog dengan sejumlah petani di Desa Sukaresmi, Kecamatan Kadupandak, Rabu (11/11) siang. FOTO: BHSM FOR RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com -Kelompok Petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Balekambang Desa Sukaresmi, Kecamatan Kadupandak menyambut positif program satu desa satu penyuluh milik pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Cianjur nomor urut tiga, Herman Suherman-Tb Mulyana Syahrudin.

Ketua Poktan Desa Sukaresmi, Lomri mengatakan, program tersebut bisa memajukan pertanian di Cianjur. “Kami petani memang meminta adanya Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang betul-betul mendukung untuk kemajuan pertanian,” kata Lomri di sela-sela kampanye Calon Bupati Cianjur nomor urut 3 di Kadupandak, Rabu (11/11).

Lomri menjelaskan, saat ini memang sudah ada PPL. Namun, satu orang PPL menaungi lebih dari satu desa. “Sekarang memang sudah ada PPL tapi satu PPL itu dibagi ke beberapa desa. Nah makanya program pak Herman ini satu desa satu PPL adalah langkah yang baik sekali karena itu yang dibutuhkan oleh petani,” ujar Lomri.

Lomri juga mendukung rencana pasangan BHS-M membuat gudang bersama untuk komoditi pertanian di tiap Kecamatan. Menurutnya dengan demikian petani bisa menjual hasil pertaniannya dengan harga yang layak.
“Saya juga menilai baik rencana tersebut. Saya mendukung sekali. Karena kalau ditangani oleh tengkulak-tengkulak biasa itu merugikan petani,” ujar Lomri.

Menurutnya, selama ini para petani mendapat modal dari pinjaman ke tengkulak. “Apalagi benih dari situ, pupuk dari situ, tapi kan gak bisa bebas berjual karena jualnya harus ke situ. Harga sesuai dengan kemauan tengkulak saja. Tapi kalau mandiri ada penampung yang bagus pasti semuanya akan ke sana,” sambung Lomri.

Lomri menilai, memang sudah saatnya pemerintah turun tangan membantu petani. Ia juga menilai program pertanian milik pasangan BHS-M lebih baik daripada program kandidat lainnya.

Lomri berharap pasangan yang didukung lima partai ini bisa terpilih menjadi Bupati-Wakil Bupati Cianjur periode 2021-2024 agar program-progam tersebut bisa terealisasi. “Program pertanian Pak Herman lebih baik daripada kandidat lainnya. Insya Allah petani di sini semua dukung Pak Herman,” tegas Lomri.

Poktan Balekambang Desa Sukaresmi ini membawahi petani di lima RT yang beranggotakan hampir 200 petani. Hasil pertanian yang dihasilkan adalah padi, sayur-sayuran, dan cabai.

Sebelumnya di beberapa kesempatan, Herman Suherman kerap kali menyampaikan program unggulan di sektor pertanian kepada masyarakat. Herman bersama Tb Mulyana mengusung program peningkatan produktivitas 1.000 lahan pertanian.(*/yaz)