Cegah Covid-19, SMPN 1 Cipanas Terapkan 3M

MENCUCI TANGAN : Salah satu guru SMPN 1 Cipanas tengah mencuci tangan pakai sabun.

RADARCIANJUR.com – Upaya pencegahan dan pengendalian Virus Deseas 2019 (Covid-19) di kalangan pelajar dan tenaga pendidik, SMP Negeri 1 Cipanas terapkan protokol kesehatan (Prokes) 3M dan 3S.

Protokol 3M yang sudah diterapkan sejak bulan April lalu kini SMP Negeri 1 Cipanas akan menggulirkan pola 3S guna mengintensifkan ruang sekolah sehat, kondisi sehat, serta lingkungan sehat.

“Selama ini 3M sudah dilaksanakan dari awal  dan sekolah ingin menambah terobosan dengan pola 3S yang baru akan dilaksanakan saat dimualainya semester genap nanti, supaya

terhindar dari penyebaran virus covid-19,” ujar Wakil Kepala SMP Negeri 1 Cipanas, Tri Handayani pada radarcianjur.com, Kamis (12/11/2020).

Tri menuturkan, pihak sekolah selain mewajibkan memakai masker mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) kepada seluruh warga sekolah dan tamu pola 3S perlu ditambah, pasalnya sekolah merupakan layanan pendidikan yang harus sehat kondisi, sehat pendidikan serta sehat lingkungan (3S).

“Kami biasakan seluruh warga sekolah, orangtua maupun tamu, sebelum masuk sekolah harus di cek suhu tubuh, untuk mewujudkan dan menjamin pelayanan pendidikan berjalan dengan baik,” tuturnya.

Ia memaparkan, metode pembelajaran pun berubah selama pandemi ini, menjadi dalam jaringan (Daring) dan bagi siswa yang sedang di luar jaringan (Luring) atau tidak mempunyai perangkat digital juga kuota, materi pembelajaran bisa di ambil oleh orangtua siswa yang nantinya dikerjakan di rumah.

“Sejauh ini pembelajaran berjalan baik,  meski pada awalnya harus meneyesuaikan, untuk mewujudkan pendidikan yang sehat,  kami harus memastikan dan menciptakan kondisi dan lingkungan yang sehat,” paparnya.

Kepala SMP Negeri 1 Cipanas, Jaimin  menambahkan, peraturan 3S itu, berlaku untuk semuanya tanpa terkecuali, baik itu staff, guru, siswa orangtua, maupun petugas piket, meskipun siswa masih belajar dengan metode daring dari rumah.

“Kami juga menata 3S mengondisikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan sehat, untuk mempercepat penanganan Covid-19 di lingkungan pendidikan. Insya allah untuk menghadapi semester genap nanti pembelajaran akan dilaksanakan bertatap muka juga kami menyiapkan protokol kesehatan ketat,” pungkasnya.(hry)