Penghobi Bonsai Ikut Sosialisasikan Protokol Kesehatan Covid-19

Kontes bonsai yang diselenggarakan penghobi bonsai di Cianjur sekaligus mensosialisasikan protokol kesehatan

CIBEBER – Tidak akan pernah habis cara untuk mensosialisasikan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

Seperti yang digagas Paguyuban Bonsai Karuhun Cianjur (PBKC) berkolaborasi dengan para pecinta bonsai di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur.

Mereka menggelar kontes bonsai bertajuk ‘Favoritan Bonsai ala PBKC’ di aula Desa CIbaregbeg dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua PBKC Wawan mengatakan, kontes bonsai ini dihadiri kurang lebih 100 peserta yang merupakan anggota PBKC dan penggemar bonsai lainnya.

Acara yang terbuka untuk umum itu tentu menarik perhatian masyarakat sekitar untuk melihat dan menikmati keindahan bonsai.

“Kami menggelar pameran tetap dengan mematuhi protokol kesehatan 3M, seperti mencuci tangan memakai masker dan menjaga jarak. Semuanya dirancang untuk memperkenalkan hobi yang produktif di tengah pandemi,” ungkap dia.

Pagelaran ini sendiri bertujuan untuk menyatukan hobi dan meningkatkan semangat pecinta bonsai agar terus berkarya juga meningkatkan pemahaman dan wawasan terhadap seni bonsai.

“Dengan adanya pameran seperti ini, para pecinta bonsai lebih bersemangat meski di tengah pandemi Covid-19. Sekaligus untuk melestarikan lingkungan sesuai dengan visi misi PBKC ‘Satukan Hobi Jalin Silaturahmi Tunggul jadi Dulur Tangkal jadi Baraya’,”
tuturnya.

Untuk kriteria penilaian pameran dan kontes yang dipilih menjadi the best teen diukur dari perakaran, pohon cabang, ranting dan keseimbangan keseluruhan yang hampir mendekati sempurna.

“Kriteria bonsai dan kita juga menggambil juri yang berkompeten dari perkumpulan penggemar bonsai indonesia (PPBI) pusat yaitu humas PPBI, Andries Tamberongan,” jelasnya.

Sementara itu, Humas PPBI Pusat, Andries Tamberongan memaparkan, sangat mengapresiasi kepada PBKC dan warga setempat telah mengadakan kegiatan favoritan bonsai ala PBKC juga berharap dengan adanya kontes ini, bisa mendongkrak semangat para pecinta tanaman dan pembonsai serta dapat meningkatkan perekonomian diwilayah, juga para peserta lebih mengenal spesies-sepesies baru jenis tanaman bonsai.

“Terus bersemangat meski di masa pandemi, karena hobi ini yang dapat dilakukan selama pandemi dan saya berpesan supaya jangan bosan-bosan untuk menanam pohon dan melestarikannya,” pungkasnya.

Reporter: Cepri Ramdan/RadarCianjur.com/FJPP