PCNU Gencar Edukasi Covid-19 ke Ponpes

PCNU memberikan edukasi dan pelatihan pencegahan Covid-19 ke pesantren-pesantren

CIANJUR-Sebanyak 20 orang santri putra dan sebanyak 25 santri putri di Pondok Pesantren Al Uzlah mengikuti latihan edukasi pencegahan Covid-19.

Ketua Satgas NU Peduli Covid 19 Kabupaten Cianjur, Muhammad Sidik mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program NU Peduli yang diadakan secara rutin setiap bulannya.

“Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi mengenai cara pencegahan covid 19 kepada para santri di Pondok Pesantren Al Uzlah,” katanya.

Menurutnya, ada tiga model pencegahan Covid-19. Salah satunya yakni dengan cara edukasi. Sebab, cara tersebut dinilai lebih tepat dibandingkan dengan cara pemberian sanksi di jalankan maupun tempat keramaian.

Sasaran yang ingin dicapai adalah agar warga masyarakat mengalami yang habit atau biasa tanpa terpaksa.

Artinya, warga masyarakat secara sadar dapat menjaga kesehatan dirinya dengan menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan memakai sabun atau hand sanitizer,” ujarnya.

Sidik mengaku, pihaknya sengaja memberikan pembinaan edukasi ke ponpes-ponpes agar lebih mengena sasarannya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pembinaan kepada masing-masing pimpinan ponpes.

“Kami ingin ditiap- tiap pesantren memiliki Satgas Covid-19. Sehingga jika ada santri maupun para penghuni pesantren terpapar Covid-19 dapat diatasi segera,” terangnya.

Karena itu, sebelum pembentukan satgas di ponpes, harus ada pembinaan yang benar-benar bisa memberikan pengetahuan dasar tentang penularan dan pencegahan Covid-19 serta fungsi satgas.

“Sehingga benar-benar bisa menjaga dirinya, warga ponpes, serta lingkungan sekitar,” tuturnya.

“Dengan demikian, akan tercipta ponpes yang aman dan tangguh,” tandasnya.

Reporter: Dede Ginanjar/FJPP