Bimtek PKD di Masa Pandemi, Bawaslu Cianjur Lakukan Tiga Gelombang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur kembali melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) dan kesiapan tugas kepada para Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se-Kabupaten Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur kembali melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) dan kesiapan tugas kepada para Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se-Kabupaten Cianjur, di hotel Yasmin Cipanas, selama tiga hari yang dimulai Senin hingga Rabu (16-18/11/2020).

Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur, Usep Agus Jawari mengatakan, bimbingan teknis bagi Panwaslu Kelurahan Desa ini dalam rangka meningkatkan kapasitas pengetahuan PKD dalam menghadapi pengawasan yang dilakukan pada Pilkada Cianjur nanti.

“Sebetulnya tugas PKD itu telah berjalan. Baik masa kampanye ini, distribusi logistik, pengawasan masa tenang, persiapan pemungutan suara, penghitungan suara dan pengawasan pergerakan kotak suara nanti,” tutur Usep di Yasmin, Senin (16/11).

Termasuk yang lebih disampaikan lagi dalam Bimtek kali ini, Usep menyebut, Bawaslu memberikan pembekalan tentang meningkatkan kapasitas dalam hal penanganan pelanggaran peserta Pilkada.

“Jadi yang ikut Bimtek itu seluruh Panwaslu kelurahan Desa yang tersebar di Kabupaten Cianjur yakni sebanyak 360 PKD,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan Bimtek pun, kata Usep, dilakukan secara gelombang yang dimulai Senin sebanyak 100 orang, kemudian Selasa 90 orang, dan Rabu 90 orang, dengan dibagi beberapa kelas dan materi yang disampaikan.

“Jadi hal itu kita lakukan mengingat saat ini masih di masa pandemi. Kami tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Selanjutnya Usep menambahkan, yang menjadi konsentrasi Bawaslu Cianjur dalam meningkatkan pemahaman Bimtek kali ini diharapkan bahwa PKD bisa melaksanakan tugas dan fungsi secara baik sesuai undang-undang dan aturan yang ada.

Meski demikian, dalam menghadapi tahapan selanjutnya, menurut Usep, perlu dilakukan Bimtek ini guna meningkatkan pemahaman dan ketrampilan dalam proses pengawasan di lapangan.

“Jadi setelah kemarin petugas pengawas TPS telah dilantik dan ditetapkan, maka PKD pun harus melakukan koordinasi kepada PTPS agar dalam tugas bersama ini bisa berjalan beriringan dan maksimal,” tandasnya. (dan)