Cara Dekopinda Cianjur Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi

JADI SOLUSI: Para pelaku UKM tengah melakukan diskusi dalam pemulihan ekonomi yang turut terdampak dari pandemi Covid-19. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Kabar baik bagi para pelaku usaha yang tergabung dalam koperasi di Kabupaten Cianjur di tengah pandemi Covid-19 saat ini, terlebih yang terkena dampak dari sisi ekonomi. Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Cianjur tengah berupaya membantu para pelaku UKM untuk tetap bisa hidup ditengah pandemi Covid-19.

Wakil Ketua Dekopinda Kabupaten Cianjur, Harry Sastrakusumah mengatakan, beragam bantuan dari pemerintah pusat di saat pandemi ini diberikan kepada UKM agar bisa berproduksi.

“Kita bekerjasama dengan pihak perbankan dan juga salah satu produsen alat percetakan yang dikaitkan dengan potensi Cianjur seperti dalam hal pariwisata,” ujarnya.

Selain tiga pihak tersebut, perlu ada peran pemerintah daerah (pemda) dalam kebijakan. Sehingga pentingnya para pelaku usaha untuk bergerak, karena sudah dilindungi oleh Peraturan Daerah (Perda).

“Namun kasusnya klasik, ada modal tidak ada pasar, ada pasar tidak ada modal. Maka kita mencoba menyatukan antara pihak bank, produsen alat dan pemerintah daerah, sehingga nanti apa yang bisa dilakukan oleh pelaku UKM dan saya yakin ini dapat didukung penuh,” paparnya.

Lanjutnya, program ini akan terus berlanjut agar terjadi sinergi yang sama. Sehinga satu sama lain bersinergi dalam pemulihan ekonomi.

“Ini menjadi pemulihan ekonomi di masa pandemi dan setelah pandemi, sehingga para pelaku usaha harus tetap berjalan,” tutupnya. (kim)