Awas! Perhatikan Riding Style Kamu di Musim Hujan

RADARCIANJUR.com – Musim hujan telah datang ditahun 2020 termasuk di wilayah Jawa Barat. Mempersiapkan diri dalam menghadapi musim hujan sangatlah penting, terutama alat transportasi yang dipakai sehari-hari. Kita yang menggunakan sepeda motor perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan berkendara saat hujan turun. Pastikan anda cermati tips berkendara aman saat hujan dengan sepeda motor. Manfaatnya tak hanya bisa anda rasakan sendiri namun juga untuk pengendara lain.
Terlebih saat kondisi hujan, dimana kondisi jalannya yang licin dan basah. Yuk! simak tips riding motor yang aman saat hujan.

1. Cek Kondisi Sepeda Motor
Tips yang pertama dalam berkendara di musim hujan, kita harus mengetahui dulu kondisi sepeda motor kita. Mulai dari cek kelayakan Ban, gerak bebas kemudi, Fungsi Rem, kebocoran oli, kelayakan rantai, fungsi battery, Fungsi lampu dan sinyal pastikan berjalan dengan normal. Perlu diperhatikan komponen yang berhubungan dengan keselamatan berkendara harus diganti apabila melebihi toleransi.

2. Gunakan Jas Hujan yang Tepat
Pilih Jas Hujan yang sesuai dengan bentuk tubuh, supaya tidak mengganggu pergerakan tangan dan kaki selama berkendara, selain itu juga pilih jas hujan yang berwarna terang. Dalam hal ini Jas hujan yang dilengkapi warna reflector, jadi jika terkena cahaya akan mudah terlihat oleh pengendara lain. Hindari menggunakan Jas hujan tipe ponco atau batman, karena berisiko tersangkut ke pengendara lain, menggangu pergerakan dan mengganggu kestabilan sepeda motor.

3. Kurangi kecepatan sepeda motor
Dalam kondisi hujan jalankan sepeda motor perlahan, karena jalan dalam kondisi basah dan licin. Selain berhati-hati, perhatikan genangan air untuk menghindari apakah ada lubang besar yang membahayakan, anda juga harus mewaspadai persimpangan jalan untuk menghindari tabrakan dengan pengendara lain karena kondisi hujan. Jangan lupa tetap jaga jarak aman dengan pengendara lainnya.

4. Memakai Helm yang dilengkapi visor/kaca helm
Butiran air hujan akan mengenai wajah kita, maka untuk perlindungan perlu menggunakan helm yang dilengkapi kaca. Helm melindungi wajah dari air hujan supaya tidak mengganggu pandangan kita.

5. Jangan menyalakan mesin jika terjebak banjir
Ketika sepeda motor mogok terjebak banjir, jangan langsung dinyalakan lebih baik didorong ke tempat yang aman, karena dikhawatirkan air masuk kedalam mesin dapat terjadi water hammer pada mesin dan menghindari korsleting pada kelistrikan. Baiknya segera bawa sepeda motor anda ke bengkel resmi Yamaha.

Nah sekian tips riding sepeda motor disaat musim hujan. Apabila anda mempersiapkan diri dengan baik, maka disaat mengendarai sepeda motor disaat kondisi hujan akan terasa nyaman, aman dan menyenangkan dalam berkendara. Jangan memaksakan diri untuk mengendarai sepeda motor jika hujan terlalu deras dan angin kencang, jika kondisi seperti itu disarankan untuk meneduh sejenak ditempat yang aman. Jangan lupa selalu percayakan dan melakukan perawatan berkala secara rutin sepeda motor anda di YSS (Yamaha Service Shop) / Bengkel Resmi Yamaha.(*)