Demi Terapkan Protokol Covid, Panwascam Bimtek PTPS se-Pacet Hingga Malam

RADARCIANJUR.com – Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) Pacet melakukan bimbingan teknis sekaligus pengukuhn petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) hingga malam.

Hal tersebut dilakukan guna menerapkan protokol kesehatan dalam berkegiatan di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Jadi pelaksanaan pelantikan atau pengukuhan sekaligus Bimtek ini dibagi tujuh sesi. Yang dimulai sejak Senin pagi hingga malam. Dengan mekanisme kegiatan dibagi perdesa, agar tidak terlalu banyak orang dan tetap menjaga jarak dam menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ketua Panwascan Pacet, Farhan Muhammad Ridwan kepada radarcianjur.com beberapa waktu kemarin.

Terkait dengan protokol kesehatan pun, peserta yang masuk diwajibkan memakai protokol kesehatan mulai dari pengecekan suhu, diwajibkan menggunakan masker dan tetap phisical distancing dengan jarak satu meter.

“Masa kerjanya para petugas pun terhitung sejak saat dilantik Senin. Jadi masa kerja itu adalah satu bulan terhitung mulai 23 hari sebelum hari H pelaksanaan Pilkada, kemudian tujuh hari setelah hari H,” jelasnya.

Menurut Farhan, hal yang perlu diperhatikan oleh pengawas adalah 23 hari di sini. Jadi ketika sudah dilantik keesokannya, mereka harus mulai bekerja baik dan mematahkan indeks kerawanan Pilkada di masing-masing TPS nya.

“Mereka juga dituntut untuk berkoordinasi dengan stakeholder dalam hal ini RT untuk difasilitasi bertemu dengan KPPS sebagai jembatan awal berkomunikasi karena nanti teman-teman KPPS juga akan mempunyai kegiatan mulai dari penyebaran C6,” sambungnya.

Sejumlah tugas yang harus dilakukan PTPS, kata Farhan ialah salah satunya mengawasi seluruh tahapan yang kini tengah berjalan.

“Harapan kami sebagai PTPS yang sudah terbentuk ini bisa menjalankan tugas kewajiban sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Mudah-mudahan bisa selalu menjunjung tinggi integritas dan netralitas dan bisa melaksanakan tugas sebagaimana diatur dalam perundang-undangan,” katanya.

Hal serupa dikatakan Koordinator Divisi Organisasi SDM Data dan Informasi Panwascam Cipanas, Rislan Septian. Bahwa pelantikan dan bimbingan teknis bagi pengawas TPS untuk Pilkada Cianjur tahun 2020 ini dilakukan setelah melaksanakan rekrutmen beberapa waktu kemarin.

“Mulai dari penjaringan calon kemudian dilanjutkan yang sudah lolos administrasi dan dinyatakan lengkap, maka para petugas pengawas TPS itu melaju ke tes wawancara dan diplenokan oleh panwascam hingga akhirnya dilantik,” papar Rislan kepada radarcianjur.com.

Lebih lanjut, Rislan menyebut, bahwa yang telah memenuhi syarat dan ketentuan dan ditetapkan hingga dilantik pada Senin 16 November 2020 ini, jumlah pengawas TPS di Kecamatan Cipanas sebanyak 230. Hal tersebut sesuai dengan jumlah TPS yang tersebar di tujuh Desa se Kecamatan Cipanas.

“Proses penjaringan dan rekrutmen pengawas TPS itu dilakukan sekitar 55 hari. Kita diberikan temlen oleh Bawaslu sekian hari itu yang dimulai l3 Oktober sampai dengan 26 Oktober waktu itu,” pungkasnya. (dan)