Sejarah Baru, HMI Cabang Cianjur Dipimpin Seorang Perempuan

RADARCIANJUR.com – Konferensi Cabang (Konfercab) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke XIII telah dilaksanakan pada Sabtu (21/11) di Aula ICMI ORDA Kabupaten Cianjur. Kegiatan Konfercab HMI ini turut dihadiri oleh seluruh Ketua Komisariat HMI se-wilayah kerja HMI Cabang Cianjur.

Pelaksanaan konfercab HMI Cabang Cianjur didasarkan pada hasil Pleno 1 yang dilaksanakan pada 22 Oktober 2021 dari rekomendasi organisasi. Selain jajaran Ketua Komisariat HMI wilayah kerja HMI Cabang Cianjur, pada konfercab tersebut turut dihadiri Wakil Sekretaris Bidang Badan Koordinasi HMI Jawa Barat Paisal Anwari, dan dibuka oleh Presidium Majelis Daerah (MD) Kahmi Cianjur, yang diwakili oleh Euis Latifa.

“Konferensi cabang merupakan momentum yang sangat penting demi adanya regenerasi dalam himpunan mahasiswa islam cabang cianjur, ke depannya semoga program-program kerja HMI cabang Cianjur dapat disesuaikan dengan keadaan serta kebutuhan terutama di masa pandemi seperti sekarang,” ujar perwakilan Presidium Majelis Daerah (MD) Kahmi Cianjur, Euis Latifa.

Pada konfercab HMI Cabang Cianjur ke-13 terdapat dua kandidat, kandidat pertama Adi Adam Subekti, Adi adam merupakan mahasiswa semester tujuh di Fakultas Sains Terapan Unsur Cianjur juga merupakan wakil sekretaris Pembinaan Anggota HMI cabang Cianjur periode 2019-2021, kandidat yang diusung oleh komisariat arasy. Adi adam membawa tagline Adamisme yang merupakan akronim dari (Intelektual, Santun, Millenial, Elegan).

Kandidat selanjutnya Elsa Krismawati, merupakan kandidat kedua yang berasal dari Komisariat Hukum Unsur Cianjur, yang pada tahun ini telah menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum Unsur Cianjur pada tahun 2020, merupakan mahasiswa yang semasa kuliah aktif dan juga mantan Sekretaris Umum HMI Cabang Cianjur Periode 2019-2020, dengan membawa tagline Solutif & Inklusif.

Forum konfercab, dipimpin oleh Ilham Yassar, selaku presidium sidang tetap, Dalam babak forum, verifikasi calon ketua oleh Muhammad Sulaeman selaku Koordinator Steering Committee, menghasilkan Elsa Krismawati sebagai calon tunggal, karena Adi Adam tidak lolos tahap verifikasi Secara Administratif.

Konferensi cabang Cianjur mencetak sejarah, Elsa sebagai perempuan pertama yang menjadi ketua umum HMI Cabang Cianjur sebelumnya selama 12 tahun HMI berkiprah di tanah Cianjur didominasi oleh ketua umum laki-laki.

“Sesuai dengan visi yang saya tawarkan yakni optimalisasi pergerakan himpunan yang solutif menjadikan HMI sebagai lingkungan yang inklusif, artinya ditengah kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi sumber daya di HMI harus dilatih dengan basis digitalisasi supaya berdaya guna sesuai dengan kebutuhan masa sekarang, HMI harus mampu jadi inisiator gerakan-gerakan, serta keberadaan HMI harus mampu bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya,” papar Ketua HMI Cabang Cianjur, Elsa Krismawati.

Konfercab ke 13 yang dilaksanakan dengan sukses dan lancar, tidak terlepas dari segala dinamika namun pada akhirnya mencetak sejarah serta menghasilkan nahkoda baru, Elsa sebagai ketua umum perempuan pertama, sehingga dapat memberikan warna baru serta daya tarik tersendiri di HMI Cabang Cianjur dengan hasil akhir Elsa Krismawati sebagai Formateur Ketua Umum dan Adi Adam Sebagai Mide Formateur HMI Cabang Cianjur periode 2020-2021. (kim)