Serentak, KPPS se-Kabupaten Cianjur Dilantik

PELANTIKAN: PPK bersama PPS se-Kabupaten Cianjur melaksanakan pelantikan dan Bimtek kepada KPPS. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Jelang pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) melantik secara serentak ke seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kabupaten Cianjur, Selasa (24/11/2020) sejak pagi.

Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Kabupaten Cianjur, Rustiman mengatakan, pelantikan dan bimbingan teknis kepada seluruh KPPS yang tersebar di Kabupaten Cianjur dilaksanakan secara serentak hari ini.

“Jadi secara teknis dilakukan oleh ketua PPS atas nama KPU Cianjur terhadap ketua KPPS di masing-masing wilayah,” ujar Rustiman kepada radarcianjur.com, Selasa (24/11).

BACA JUGA : Di Balik Layar Debat Pilkada Cianjur, Sejuk dan Penuh Keakraban

Adapun terkait bimbingan teknis, Rustiman menambahkan, secara khusus itu akan ada. Namun dalam kesempatan ini, PPS bersama PPK menyampaikan secara orientasi terkait dengan tugas fungsi termasuk hal-hal baru tentang pencegahan Covid-19.

“Pelantikan ini dilakukan setiap TPS satu orang, yaitu ketuanya. Termasuk rapid test juga akan dilaksanakan mulai 26 November hingga 2 Desember,” katanya.

Terpisah, Ketua PPK Cipanas Dodi Rahmat mengatakan, pelantikan KPPS dilaksanakan secara serentak. Di Cipanas sendiri pelaksanaannya terdiri dari tujuh PPS dan 230 TPS

“Jadi setiap TPS terdiri dari tujuh anggota KPPS ditambah dua orang petugas keamanan,” imbuhnya.

Secara umum, Dodi mengatakan, pelantikan berjalan lancar. Pelantikan ini dilaksanakan oleh ketua PPS atas nama Ketua KPU Kabupaten Cianjur.

Selain acara pelantikan, KPPS juga diberikan bimbingan teknis terkait pelaksanaan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara sebagai gambaran jelang pelaksanaan nanti.

BACA JUGA : Pilkada Serentak di Jabar, TNI-Polri Siagakan 12.000 Personel

“Ditambah juga dengan simulasi pengisian model C,” ucapnya.

Menurutnya, simulasi pengisian model C sangat penting dimana hasil suara di masing-masing TPS akan dituangkan ke dalam BA Model C, yang nantinya akan diberikan kepada pihak terkait.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaannya nanti petugas KPPS bisa menjalankan tugas sebagaimana mestinya sesuai dengan peraturan yang ada,” tandasnya. (dan)