Bangga Jadi Tuan Rumah, Rapimnas dan Munas PABDSI Digelar di Cianjur

Rapimnas dan Munas BPD seluruh Indonesia digelar di Palace Hotel Cipanas, Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABDSI) melaksanakan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) sekaligus Musyawarah Nasional (Munas) selama dua hari sejak Rabu (25/11) hingga Kamis (26/11/2020) di hotel Palace Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Ketua PABDSI Kabupaten Cianjur, Agus Solihin menuturkan, acara yang dimulai sejak kemarin itu adalah Rapimnas BPD yang diinisiasi oleh PABDSI khususnya wilayah provinsi Jawa Barat.

“Karena ingin membuat lebih kuatnya BPD se-Indonesia, maka Jawa Barat menginisiasi untuk menyelenggarakan Rapimnas ini. Tapi dalam perjalanannya Rapimnas ini berubah menjadi musyawarah nasional (Munas) yang menunjuk ketua umum PABDSI adalah kang Fery,” tutur Agus.

Adapun peserta yang hadir dalam Rapimnas tersebut, Agus menyebut, masing-masing perwakilan dari 20 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Seharusnya 21 provinsi. Tapi karena Gorontalo tidak bisa hadir, jadi satu provinsi itu berhalangan,” ujarnya.

Setelah Rapimnas ini dilaksanakan, Agus mengatakan, kedepannya tinggal melaksanakan tahapan-tahapan lain.

“Jadi setelah Rapimnas dan Munas ini, PABDSI ini akan melaksanakan rapat dengar pendapat dengan pemerintah pusat, DPR, dan Kementerian terkait,” kata dia.

Selain itu, Agus menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Desa dan Permendagri 110 tahun 2016, bahwa menjadi Badan Permusyawaratan Desa ini supaya bisa melaksanakan fungsi dan tugas yang diantaranya ada 31 regulasi.

“Intinya kami di desa itu harus bisa menjadi wadah aspirasi serta pengawasan pemerintah desa dengan baik sesuai aturan. Sehingga pemerintahan desa menjadi pemerintahan yang betul-betul melaksanakan fungsi dan tugasnya pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, perwakilan Ketua BPD yang ada di Kabupaten Cianjur, H. Eman Sulaeman mengatakan, sangat bangga bisa menjadi bagian sekaligus tuan rumah dalam acara ini.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan pelaksanaan swadaya dari berbagai rekanan yang ada di Cianjur, termasuk dukungan penuh dari berbagai pihak yang ada di Jawa Barat.

“Alhamdulillah bisa menghadirkan perwakilan dari 20 provinsi se-Indonesia. Ditambah 12 perwakilan dari kabupaten yang ada di Jabar,” tambahnya.

Ia pun berharap, usai kegiatan ini BPD bisa lebih dikenal oleh masyarakat baik secara regulasi, juga di akui oleh pemerintah. Sehingga BPD masa depan bisa bersama-sama berkiprah di desanya masing-masing.

“Mudah-mudahan kami bisa terasa manfaat kehadirannya oleh masyarakat di desa masing-masing,” pungkasnya. (dan)