Kebun Raya Cibodas Manjakan Toilet Percontohan di Era New Normal

PERESMIAN: Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan Kebun Raya - LIPI, Hendrian yang disaksikan PT Mitra Natura Raya serta perwakilan Pemkab Cianjur meresmikan fasilitas layanan publik baru di KRC. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sektor pariwisata di era new normal mulai terus bangkit dengan melakukan inovasi dan normalisasi sektor pariwisata yang sempat lumpuh akibat pandemic Covid 19.

Normalisasi sektor pariwisata ini terus dilakukan secara bertahap hingga awal tahun 2021 mendatang. Termasuk dalam upaya recovery ini perlu adanya upaya peningkatan produktivitas dengan tetap menjaga protokol kesehatan covid 19.

Hal tersebut juga yang dilakukan Kebun Raya Cibodas (KRC) Kabupaten Cianjur. Dimana pihaknya terus melakukan inovasi peningkatan kualitas pelayanan publik antara lain dengan melakukan perbaikan fasilitas-fasilitas yang ada di dalam kebun raya.

Salah satu fungsi pelayanan publik itu, secara bertahap PT Mitra Natura Raya bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan renovasi toilet umum di KRC. Dengan menggunakan sumber daya internal dan budget yang terukur. Sesuai tatanan era new normal dan protokol Kesehatan, dengan desain elegan, ramah lingkungan, dan konsep toilet kering.

“Jadi tidak hanya mengulang-ulang dengan standar yang sama tetapi diharapkan seluruh fasilitas yang ada kini bisa lebih baik,” ujar Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan Kebun Raya – LIPI, Hendrian, Rabu (25/11/2020).

Menurutnya, dengan masuknya PT Mitra Natura Raya sebagai mitra kerjasama dengan Kebun Raya, sentuhan-sentuhan yang berbeda itu bisa terealisasi secara maksimal. Namun karena tahun ini merupakan tahun yang cukup sulit di masa pandemi, tentunya tidak serta merta bisa secara langsung normal.

“Jadi ada banyak hal yang harus dihadapi bersama-sama oleh kami. Namun ditengah tekanan pandemi yang tidak mudah ini saya melihat bahwa pelayanan publik yang sudah diberikan oleh mitra kami ini sudah sesuai dengan harapan kita,” tuturnya.

Pihaknya berharap, mudah-mudahan kondisi ini akan terus membaik. Termasuk layanan publik yang diberikan oleh seluruh pihak di Kebun Raya Cibodas ini.

“Mohon kita tidak melihat peresmian toiletnya tetapi justru ini bagian penting dari pelayanan publik yang mungkin di tempat-tempat lain jarang diperhatikan,” katanya.

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT. Mitra Natura Raya sebagai mitra LIPI, mengingatkan pentingnya rutin membersihkan kamar mandi bagi kesehatan. Kamar mandi merupakan ruangan yang paling krusial.

“Jadi saking pentingnya, banyak orang yang mendesain kamar mandinya sedimikian rupa agar lebih nyaman saat digunakan. Dengan selesainya 3 grup toilet sebagai Pilot Project ini, kami mengundang partisipasi swasta untuk kolabarasi renovasi toilet di empat kebun raya lainnya. Sehingga standar pelayanannya bisa sama,” paparnya.

Adanya hal tersebut, kata Hendra, merupakan wujud upaya pihaknya dalam peningkatan pelayanan kepada pengunjung Kebun Raya Cibodas.

“Bagi wanita yang terbiasa dengan merias wajah, saya pastikan akan berlama-lama di dalam toilet era new normal yang ada di Kebun Raya Cibodas,” imbuhnya.

Namun, untuk menciptakan kenyamanan ini bukan hanya dengan mempercantik ruangan saja, tapi juga dengan menjaga kebersihannya.

“Yang paling penting adalah bersama menjaga kebersihan toilet. Untuk itu kami mengharapkan partisipasi pengunjung kebun raya agar ikut merawat kebersihan toilet supaya bisa dinikamati secara bersama untuk jangka waktu lama,” tandasnya. (dan)