LBH APB KAI Cianjur Periode 2020-2025 Dilantik

DILANTIK: Pengurus DPP, DPD KAI Jabar dan DPC dan Pengurus LBH APB KAI Kabupaten Cianjur foto bersama Forkopimda Cianjur usai pelantikan di Hotel Green Bydel Panembong Cianjur, Jumat (27/11).

RADARCIANJUR.com-Lembaga Bantuan Hukum Advokasi Peduli Bangsa Kongres Advokat Indonesia (LBH APB KAI) Kabupaten Cianjur periode 2020-2025 resmi dikukuhkan. Pelantikan oleh perwakilan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KAI OK Joesli di Hotel Green Bydel Panembong, Cianjur, Jumat (27/11).

Pelaksanaan pelantikan juga berlangsung dengan tertib dengan mengikuti protokol kesehatan penanganan penyebaran Covid-19.

Hadir pula Ketua DPD KAI Jawa Barat, Lukman Chakim, Asisten Daerah 1 Pemkab Cianjur Asep Suparman, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Cianjur, perwakilan Kejaksaan Cianjur, perwakilan Kapolres Cianjur, serta undangan lainnya.

Prosesi Pelantikan LBH APB KAI Kabupaten Cianjur.

Dalam sambutanya OK Joesli mengatakan program kerja LBH KAI sangat banyak dan agar bisa direalisasikan pada pelaksanaanya. “Ini ada tugas besar yang harus dikerjakan LBH KAI Cianjur untuk mengadvokasi masyarakat yang butuh bantuan hukum,” kata OK.

Ketua DPD KAI Jawa Barat Lukman Chakim mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus LBH KAI Cianjur. “Saya ucapkan selamat atas dilantiknya pengurus dan siap untuk membantu masyarakat dalam mengadvokasi sebagai lawyer,” ujar Lukman.

Ketua DPC KAI Kabupaten Cianjur Oden M Junaedi yang juga selaku pemraksarsa dari dibentuknya LBH APB ini berhara, semua pengurus harus berjuang untuk membantu masyarkat Cianjur, khususnya dalam memberikan pelayanan bantuan hukum bagi masyarakat.

“Yang jelas KAI salah satu organisasi advokat yang berjuang untuk penegakkan supremasi hukum, supremasi kontitusi, untuk memperjuangkan keadilan dan demokrasi,” kata Oden.

Menurutnya, advokat sesuai Undang Undang Nomor 18 tahun 2016 mempunyai kedudukan yang sama sebagai penegak hukum. Maka dengan landasan UU tersebut merupakan pijakan bagi para advokat untuk bisa menegakkan hukum dan keadilan di bumi pertiwi ini. “Atas dasar itu, kami KAI akan selalu berjuang dalam membela keadilan bagi masyarakat yang membutuhkan,” paparnya.

Maka melalui LBH APB KAI yang merupakan salah satu wadah bantuan hukum yang dibuat atas dasar kontitusi yang lebih berorientasi pada bantuan hukum kasus-kasus struktural. “LBH APB KAI Cianjur salah bentuk atau jawaban bagi masyarakat Cianjur untuk membantu menyelesaikan segala permasalahan-permasalahan hukum bagi masyarakat pencari keadilan dan kaum miskin,” tambahnya.

Ketua LBH APB KAI Kabupaten Cianjur Asep Sunajar yang merupakan ketua terpilih hasil musyawarah pertama bersama pengurus DPC KAI Cianjur, sedangkan Oden M Junaedi sebagai Ketua Dewan Pengawas.

Dalam sambutannya Asep Sunanjar mengatakan siap membantu dan melakukan pendampingan hukum kepada masyarakat Cianjur, dalam menghadpi proses hukum dan berperkara hukum. “Kami siap untuk membantu masyarakat yang memiliki hak keadilan dalam perkara hukum,” ungkapnya.

(*/nag)