THM dan Wisata Disidak Satgas Covid-19 Cianjur, Dua Orang Reaktif

RADARCIANJUR.com- Masih meningkatnya angka tren Covid-19, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Cianjur dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur menggelar operasi yustisi ke beberapa tempat hiburan malam (THM), wisata dan cafe di wilayah Cipanas serta Pacet pada Jumat (27/11) malam.

Bahkan, Satgas melakukan rapid tes kepada 40 pegawai serta pengunjung luar Cianjur di tempat wisata, cafe dan THM yang didatangi. Dari hasil tes tersebut, didapati dua orang reaktif.

“Kita bagi dua tim, satu tim masing-masing tiga titik. Lalu kita lakukan rapid tes dan hasilnya ada yang reaktif,” ujar Kepala Satpol PP Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetya.

Dua orang yang reaktif tersebut pun diminta untuk menjalani isolasi mandiri dan melakukan swab tes. Selama proses isolasi mandiri itu pun dipantau Dinkes Kabupaten Cianjur.

“Nanti dari Dinkes akan menyisir tempat tinggal untuk memastikan bahwa yang bersangkutan melakukan isolasi dan melaksanakan swab,” paparnya.

Lanjutnya, di tengah pandemi ini, seharusnya tempat hiburan seharusnya tidak buka. Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

“Kita komunikasi terus supaya mereka bisa memahami kondisi pandemi Covid-19 kemarin,” terangnya.

Akan tetapi, di beberapa tempat ternyata menerapkan protokol kesehatan (prokes), yang menjadi permasalahan yakni jumlah pengunjung yang masih terlalu banyak.

“Saya kira Prokes mereka lengkap, mungkin dari jumlah pengunjung yang harus diperhatikan. Kapasitasnya yang harus dikurangi,” ungkapnya.

Operasi tersebut akan terus dilakukan dengan tujuan membiasakan masyarakat dalam disiplin prokes khususnya penggunaan masker.

“Kita akan terus melaksanakan tugas ini sebagai upaya menuju AKB di tengah pandemi Covid-19,” tutupnya. (kim)