Jelang Pemungutan Suara, KPU Mulai Bagikan Logistik ke PPK

PPK Cipanas tengah memilah logistik yang akan dibagikan ke PPS yang tersebar di kecamatan itu. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur mulai melakukan pendistribusian logistik jelang pelaksanaan pemungutan suara 9 Desember mendatang, Senin (30/11/2020).

Pendistribusian kali ini baru meliputi surat C pemberitahuan KWK dan alat perlengkapan kantor (ATK) ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada di kabupaten Cianjur.

“Pendistribusian logistik sudah dijadwalkan. Mudah-mudahan ini bisa dipercepat dan terlaksana baik. Sehingga H-1 pemungutan suara sudah sampai ke TPS,” ujar Ketua KPU Cianjur, Selly Nurdinah kepada radarcianjur.com, saat ditemui usai Bimtek PPK di Hotel Palace Cipanas, Senin (30/11).

Untuk distribusi logistik ini, lanjut Selly, baru beberapa perlengkapan pemungutan suara, kemudian perlengkapan pendukung lainnya serta tentunya alat pelindung diri nantinya.

“Khusus untuk penyediaan alat pelindung diri atau APD, kita sudah difasilitasi barangnya dari pemerintah daerah. Dengan menunjuk Dinas kesehatan maupun satgas Covid 19,” jelasnya.

Ia menyebut, logistik yang disediakan KPU jelang pelaksanaan pemungutan suara itu sebanyak 13 jenis. Termasuk dengan rapid test yang telah dilaksanakan beberapa hari kemarin.

“Jadi penyelenggara yang kemarin melakukan rapid test juga masuk dalam kategori penyediaan alat pelindung diri. Sebagai scraning awal untuk penerapan protokol kesehatan,” katanya.

Teknis pendistribusian pun, kata Selly, dilakukan secara berjenjang. Mulai dari KPU kepada PPK, kemudian PPK kepada PPS dan akhirnya ke petugas TPS atau petugas KPPS.

“Semuanya itu dibuatkan berita acaranya. Termasuk untuk yang jangkauannya jauh, itu juga telah dimitigasi sejak awal. Tapi mudah-mudahan bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Daerah-daerah yang memang perlu penanganan khusus di dalam pendistribusiannya, tambah Selly, akan ada penanganan khusus terutama dari segi waktu.

“Jadi apabila sudah siap sedia, khususnya untuk kotak suara, kita akan lebih memperhatikan kaitan dengan TPS yang memang jangkauannya sulit ataupun dalam pendistribusiannya cukup ekstrem,” katanya.

Terpisah, Ketua PPK Cipanas, Dodi Rahmat mengatakan, pihaknya kini telah menerima sejumlah logistik jelang pemungutan suara nanti dari KPU Cianjur.

“Kami sudah terima beberapa logistik. Seperti surat C pemberitahuan, dan ATK,” sebutnya.

Selanjutnya, kata Dodi, untuk logistik lainnya jelang pungut hitung nanti seperti kotak suara dan lainnya diperkirakan akan disalurkan 5 Desember 2020 mendatang.

“Untuk yang hari ini sudah diterima kami akan segera bagikan kembali ke PPS yang selanjutnya diberikan lagi ke KPPS,” pungkasnya.

(dan)