Mayat WNI Ditemukan Dalam Koper di Makkah, Kemenlu Jeddah Turun Tangan Tangkap Pelaku

RADARCIANJUR.com – Kementerian Luar Negeri dan KJRI Jeddah turun tangan dan menindaklanjuti penemuan jenazah WNI di dalam koper di wilayah Mina, Makkah, Arab Saudi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh KJRI dari Kepolisian Wilayah Mina, jenazah tersebut adalah perempuan pekerja migran Indonesia dengan inisial A berusia 23 tahun.

“Selanjutnya diperoleh informasi bahwa pihak kepolisian telah melakukan penangkapan terhadap dua WNI yang diduga terlibat dalam penempatan jenazah dalam koper tersebut,” ujar Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha ketika dikonfirmasi, Senin.

Ia menjelaskan hasil visum menunjukkan tidak terdapat tanda-tanda kekerasan pada jenazah A. Namun untuk memastikan penyebab kematian akan dilakukan autopsi.

“Langkah-langkah tindak lanjut segera dilakukan Kemlu dan KJRI Jeddah, antara lain menghubungi keluarga almarhumah A dan melakukan pendampingan hukum terhadap dua WNI yang ditangkap,” kata Judha.

KJRI Jeddah telah menyediakan jasa penerjemah selama kedua WNI tersebut menjalani pemeriksaan dari otoritas setempat.

KJRI juga akan membantu pemulasaraan jenazah A sesuai permintaan keluarga.

Diberitakan sebelumnya, Ditemukan mayat yang diduga tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia ditemukan di dalam sebuah koper di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, bikin geger.

Mayat tersebut ditemukan tepatnya di jalan lingkar daerah tersebut.

Melansir laman Gulf News, Minggu (29/11/2020), penemuan mayat tersebut berawal saat seorang warga yang sedang berjalan-jalan di sekitar tempat kejadian menemukan sebuah koper besar tertinggal di pinggir jalan.

Warga tersebut kemudian menaruh curiga. Ia membuka isi tas koper tersebut dan terkejut ketika menemukan jenazah tersimpan di koper tersebut.

(dhe/pojoksatu/ant)