Tingkatkan Nilai Ekonomis, Warga Ciguntur Bangun Bank Sampah Mandiri

PROSES PEMBANGUNAN: Swadaya masyarakat di Kampung Ciguntur RT 06 RW 03 Desa Cipendawa Kecamatan Pacet, tengah membangun bank sampah. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Masyarakat di Kampung Ciguntur RT 06 RW 03 Desa Cipendawa Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, membangun bank sampah secara swadaya.

Pembangunannya pun telah dimulai sejak beberapa pekan kemarin. Hal itu diharapkan, bisa mendorong warga berperilaku bersih dan sehat, serta meningkatkan nilai ekonomis bagi warga sekitar.

Salah seorang tokoh masyarakat yang cukup berperan, Muhammad Faisal mengatakan, dengan adanya bank sampah yang tengah dibangun itu diharapkan bisa menampung sampah rumah tangga, perkebunan dan peternakan, serta memilah sampah sesuai jenisnya nanti.

“Jadi kami bersama para pemuda, Karang Taruna setempat, serta RT disini ingin merubah sampah menjadi produk daur ulang ramah lingkungan yang bisa menghasilkan nilai ekonomis. Sehingga bisa membantu mensejahterakan warga dengan memanfaatkan sampah tersebut,” ujar Faisal kepada radarcianjur.com, Senin (30/11/2020).

Bank sampah inilah, lanjut Faisal, cukup dibutuhkan masyarakat. Karena selain nantinya menjadi nilai ekonomis, juga dalam pengelolaannya pun bisa terakomodir dengan baik.

“Sebelumnya warga cukup kesulitan untuk buang sampah. Jadi dengan dibangunnya pengelolaan ini kedepan masyarakat Kampung Ciguntur khususnya bisa menikmati kehidupan yang sehat dengan tempat yang layak,” katanya.

Termasuk, kata Faisal, sampah yang dikelola nantinya itu, bisa juga menyerap tenaga kerja dengan memberdayakan lahan serta masyarakat yang ada.

“Harapan kedepan yang pada akhirnya masyarakat di Ciguntur ini bisa ikut berkontribusi bagi pembangunan pemerintah, khususnya manfaat bagi warga,” tukasnya.

Ketua RT setempat, Apolo menambahkan, masyarakat di sini sangat senang dan mendukung penuh adanya pembangunan bank sampah. Diharapkan kedepan pengelolaannya pun bisa berjalan dengan maksimal.

“Alhamdulillah dari warga pun sangat mendukung. Ada yang memberikan bantuan secara material, maupun tenaga. Bahkan beberapa tokoh disini melimpahkan lahannya dalam pembangunan bank sampah ini,” katanya. (dan)