Libur Akhir Tahun Dipangkas 3 Hari

RADARCIANJUR.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengumumkan bahwa libur akhir tahun dipangkas sebanyak 3 hari. Hari libur akhir tahun yang dihapuskan berada di tanggal 28, 29 dan 30 Desember 2020.

Hal ini ditetapkan setelah melalui rapat bersama dengan kementerian/lembaga teknis. Mulai dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Menteri Agama (Menag), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Kepala Staf Presiden serta pihak Polri.

BACA JUGA : Musim Hujan, Waspada Teror Ular

“Intinya kita sesuai arahan putuskan bahwa libur natal dan tahun baru tetap ada,” jelasnya usai rapat di kantornya, Selasa (1/12).

Adapun libur akhir tahun akan dimulai dari 24 sampai 27 yang beririsan dengan libur Natal. Lebih rinci, 24 adalah cuti bersama Natal, 25 libu Natal dan 26-27 karena hari Sabtu dan Minggu.

“Kemudian 28-29-30 (Desember) tidak libur tetapi tetap kerja biasa,” ucapnya.

Lalu, pada 31 Desember akan dilanjutkan dengan libur pengganti Idul Fitri. Setelahnya akan dilanjutkan libur tahun baru di 1 Januari 2021, kemudian di 2 dan 3 Januari karena Sabtu-Minggu.

BACA JUGA : Tiga Pelajar Pake Tatto Aniaya Karyawan, Langsung Digiring ke Polres

“Dengan demikian secara teknis penguranagn libur itu ada tiga hari yaitu 28-30 Desember. Nanti akan kesepakatan ini akan ditandatangani oleh tiga menteri, MenPAN-RB, Menaker dan Menag,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa jatah libur yang dikurangi ini tidak akan diganti. “Dikurangi berarti tidak akan diganti. Dipangkas, dikurangi jadi tidak akan diganti,” tegasnya.(jwp)