Pelayanan JKN-KIS Bagi Peserta Selalu Siap Kapanpun dan Dimanapun

RADARCIANJUR.com – Slogan tentang pelayanan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang siap melayani dimanapun berada memang bukan isapan jempol saja, terbukti dari pengalaman salah seorang peserta JKN-KIS asal Cijati, Cianjur yang benar-benar mengalami dan merasakan manfaat dari JKN-KIS.

Erni Suherni (30) salah satu warga Kecamatan Cijati Kabupaten Cianjur mempunyai pengalaman menarik tentang pelayanan program JKN-KIS yang diterimanya saat berada di tempat selain dari tempat tinggal atau domisili dan fasilitas kesehatan tingkat pertamanya terdaftar.

“Waktu itu pertengahan tahun 2019 lalu, saat saya hamil anak yang kedua. Memang sudah masuk bulan perhitungan dokter kemungkinan saya untuk melahirkan, tetapi saya ingin menyempatkan berlibur bersama keluarga dan teman ke daerah Kecamatan Cidaun, wilayah Kabupaten Cianjur bagian selatan. Lumayan jauh dari tempat saya tinggal di Cijati,” cerita awal Erni (30/11).

Kekhawatiran akan waktu melahirkan tidak dirasakan oleh Erni karena belum ada tanda-tandanya, mulai dari persiapan, perjalanan sampai ke lokasi yang dituju dilalui oleh Erni dengan lancar. Erni pun sangat menikmati waktu liburannya tersebut. Walaupun demikian, keluarga dan teman-temannya tetap waspada dan siap siaga jika Erni sudah menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan.

“Sampai selesai makan malam masih aman, tapi saya mulai gelisah waktu bersiap untuk istirahat. Sulit untuk beranjak tidur karena mulai merasakan tanda-tanda akan melahirkan, tidak menunggu waktu lama suami membawa saya ke fasilitas kesehatan terdekat dari penginapan,” ungkap Erni.

Fasilitas kesehatan tersebut adalah Puskesmas Cidaun, yang pelayanannya termasuk melayani persalinan. Saat Erni datang petugas piket termasuk bidan yang bertugas dengan sigap melayaninya, mulai dari masa observasi, proses persalinan sampai pemulihan Erni lalui dengan lancar.

“Waktu sampai di Puskesmas ternyata sudah pembukaan lima, Alhamdulillah dengan persalinan normal anak saya lahir dengan selamat dibantu oleh petugas puskesmas. Untung ada JKN-KIS, semua lancar dan tidak ada biaya sedikitpun yang harus dibayar,” kata Erni.

Jika mengingat masa itu Erni kembali merasa takjub dan syukur yang sangat dalam, karena ternyata selama ini yang sering disampaikan bahwa pelayanan JKN-KIS dapat diperoleh dimanapun dan kapanpun memang benar adanya.

“Karena saya sudah mengalaminya langsung. Semoga JKN-KIS selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, seperti yang telah saya dapatkan,” ungkap Erni. (*/ars)