Forkopimcam Sukaresmi Rangkul Unsur Masyarakat Janji Jaga Pilkada Sehat

DEKLARASI: Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Sukaresmi menggelar deklarasi Pilkada Damai, Rabu (2/12/2020). Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Sukaresmi melakukan deklarasi damai dengan merangkul semua unsur masyarakat, tokoh agama, pemuda, dan perwakilan tim pendukung seluruh Paslon, di Aula PGRI Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Rabu (2/12/2020).

Camat Sukaresmi, Firman Edi mengatakan, secara umum setelah menganalisa dari awal, tengah, hingga akhir, tahapan-tahapan Pilkada khususnya di Kecamatan Sukaresmi ini berjalan kondusif. Baik dari semua tim atau pendukung pasangan calon, maupun penyelenggara tidak ada istilah saling berseteru.

“Jadi Alhamdulillah contoh perseteruan seperti cibir mencibir atau saling hujat menghujat tidak ada di Kecamatan Sukaresmi hingga saat ini,” ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada para pegawai negeri sipil dan seluruh unsur di pemerintah Kecamatan Sukaresmi bisa menjaga netralitas. Termasuk ia juga mengajak peran serta kepada masyarakat dan menyosialisasikan semangat kebaikan demi terciptanya Pemilukada yang aman dan kondusif.

“Harapan kami dengan kita menjaga hal itu, Insya Allah apa yang menjadi pesta demokrasi Pilkada 9 Desember 2020 nanti bisa kondusif dan damai,” katanya.

“Kami imbau juga kepada seluruh unsur di pemerintahan, mari kita sama-sama tingkatkan partisipasi di Pemilukada ini, dan sosialisasikan nilai-nilai kebaikan bagi masyarakat,” tambahnya.

Kapolsek Sukaresmi, AKP Irwan Alexsander SH MH mengatakan, jelang pelaksanaan Pemilukada nanti, khusus di wilayah Kecamatan Sukaresmi hingga saat ini masih terbilang aman dan kondusif.

“Deklarasi damai ini merupakan inisiatif kami sendiri, yang akan dilaporkan kepada bapak Kapolres termasuk tembusan ke Camat serta Danramil, untuk sama-sama mendukung serta membantu menjalankan Pilkada yang baik. Agar pada saat waktunya nanti, tak ada masalah ataupun konflik antar saudara, tetangga maupun pendukung,” paparnya.

Menurut AKP Irwan, bahwa pelaksanaan deklarasi damai ini baru pertama kali digelar oleh Polsek Sukaresmi bersama forkopimcam Sukaresmi dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan menyerukan imbauan itu.

Selain itu, pihaknya juga memohon, pelaksanaan deklarasi damai ini harus berkomitmen kuat. Artinya jangan sampai seremonial saja. Bahkan kalau bisa, pelaksanaan Pilkada damai ini di seluruh Indonesia.

“Kita kan orang Indonesia. Memiliki adat istiadat, saling menghargai hukum, dan agama, jadi khususnya di Kecamatan Sukaresmi situasi aman tidak ada yang menonjol,” katanya.

“Harapan kami mohon kepada seluruh masyarakat, Ibu, Bapak, pemuda, dan semuanya kita ke depan bisa jaga kesehatan, keselamatan, dan komitmen bersama demi Pemilukada yang sejuk dan kondusif,” sambungnya. (dan)