Pemkab Muara Enim Belajar ke Cianjur

RADARCIANJUR.com – Guna mewujudkan ketahanan pangan daerah dan menunjang persiapan sebagai daerah food estate (lumbung pangan) nasional baru yang ditetapkan Presiden RI Joko Widodo, Pemkab Muara Enim beserta jajarannya melakukan studi banding ke Cianjur.

Studi banding dipimpin Plt. Bupati Muara Enim H Juarsah SH di dampingi Plt. Ketua TP. PKK Kabupaten Muara Enim, Dra. Hj. Nurhilyah Juarsah dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang) Amrullah Jamaluddin SE bersama para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, beberapa camat dan kepala desa.

Rombongan diterima oleh Asisten Perekobang Kabupaten Cianjur, Ir H Yanto Hartono MM dan staf Kabupaten Cianjur, di ruang Garuda, Rumah Dinas Bupati Cianjur, Selasa (1/12/2020).

Dalam kegiatan ini, rombongan Pemkab Muara Enim mengunjungi UPTD Sub-Terminal Agribisnis Kabupaten Cianjur, Balai Penelitian Tanaman Hias di Kecamatan Pacet, Pusat Agribisnis dan Budidaya Pertanian Gapoktan Mujagi dan Kawasan Budidaya Perikanan Kabupaten Cianjur.

Plt. Bupati Muara Enim, H Juarsah mengatakan dirinya mengapresiasi pembangunan di Kabupaten Cianjur, khususnya sektor pertanian yang dinilai sudah jauh lebih unggul sebagai penyedia input perekonomian daerah sehingga memiliki kemampuan mendorong pertumbuhan sektor-sektor ekonomi lainnya.

Demikian halnya di sektor perikanan, khususnya perikanan darat atau air tawar juga mampu menghasilkan tambahan pendapatan rumah tangga.

Apalagi topografi Kabupaten Cianjur yang tak jauh berbeda dengan Kabupaten Muara Enim, sehingga sangat tepat untuk mengajak kepala OPD terutama para kades untuk belajar dan melihat langsung kegiatan pertanian maupun perikanan di Cianjur dalam menunjang konsep agribisnis, agrowisata dan agropolitan daerah.

“Saya berharap melalui kegiatan ini dapat membuka wawasan dan menyemangati para OPD dan kades untuk meningkatkan pembangunan maupun daya saing daerah dalam mewujudkan Muara Enim sebagai kawasan foof estate nasional,” tegasnya.

Sementara itu Asisten Perekobang Kabupaten Cianjur H Yanto, sangat menyambut baik kedatangan Plt Bupati Muara Enim beserta rombongan.

Dirinya memastikan Pemkab Cianjur membuka ruang diskusi dan berbagi ilmu seluas-luasnya, termasuk juga meminta masukan dan pencapaian yang telah dilakukan Kabupaten Muara Enim, khususnya di bidang pertanian dan perikanan.

(trbn/net)