Gelar Sosialisasi Empat Pilar, Anggota MPR RI Diah Pitaloka: Pancasila Jati Diri Bangsa

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Diah Pitaloka menggelar sosialisasi empat Pilar Kebangsaan di Kecamatan Cipanas, Cianjur, Sabtu (5/12/2020). Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Anggota MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Diah Pitaloka, kembali menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di wilayah Kecamatan Cipanas, Sabtu (5/12/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Diah menekankan kembali bahwa Pancasila adalah jati diri dan bagian dari kehidupan bangsa Indonesia.

“Setiap Sila yang ada di Pancasila memiliki makna yang sangat dalam dan merupakan jati diri masyarakat Indonesia yang digali oleh Bung Karno waktu itu,” ujar Diah usai acara, Sabtu (5/12).

Menurut Anggota Komisi VIII DPR RI ini pun, sebagaimana dalam Pancasila, Sila kesatu yakni Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan wujud karakter bangsa Indonesia yang amat religius dan sungguh-sungguh menjalankan perintah agama yang diyakini setiap warga negara. Namun disisi lain, toleran atas adanya perbedaan agama atau kepercayaan lain pun mesti terus dipupuk.

“Hal tersebut menjadi modal dasar dan berkesinambungan dengan penerapan Sila berikutnya, yakni bagaimana berperikemanusiaan yang adil dan beradab,” sambungnya.

Diah pun menambahkan, adanya persatuan dan kesatuan yang kemudian menjadi hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan negara bisa terwujud ketika seluruh warganya bisa saling menghargai dan menghormati.

“Pada puncaknya di saat semua bisa diimplementasikan, maka akan tercapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tutupnya. (dan)