Kritik Pemkab Cianjur, Komisi 1 DPRD Jabar: Tak Ada Ruang Publik yang Mumpuni

Sekretarsi komisi I DPRD Provinsi, Sadar Muslihat

RADARCIANJUR.com – Sekretaris Komisi 1 DPRD Jawa barat, H Sadar Muslihat mengkritik pemerintah Kabupaten Cianjur terkait belum tersedianya ruang publik yang memenuhi kebutuhan para pemuda, dan masyarakat secara umum.

“Kritik saya kepada pemerintah Cianjur salah satunya adalah tidak memberikan ruang dan sarana olahraga yang mumpuni untuk anak-anak muda di kota Santri ini,” kata Sadar Muslihat kepada radarcianjur.com, belum lama ini.

Padahal menurutnya, jelas-jelas ketika sudah dibangun secara maksimal, bisa memberikan kemudahan para pemuda dalam berekspresi dan menunjukkan kemampuan di segala bidang. Baik itu olahraga, kesenian, dan segi lainnya.

“Selama ini tidak ada sarana seni budaya untuk mereka mengekspresikan seni budaya yang maksimal. Belum lagi tentang keilmuan olahraga, digitalisasi, dan sebagainya,” kata dia.

Selain itu, menurutnya, belum adanya pagelaran atau event-event lain yang menarik di Kabupaten Cianjur ini. Termasuk yang sifatnya kompetisi dan menampilkan kemampuan itu para pemuda pemudi yang memiliki bakat.

“Enggak ada selama ini. Apalagi di masa pandemi, memang gak boleh. Jadi anak-anak kita itu cukup bingung untuk melatih kemampuan dan hobi mereka,” katanya.

“Jadi pelajaran buat pemerintah Cianjur ke depan, bahwa harus ingat kita ini punya generasi penerus yang harus diberi ruang,” sambungnya.

Termasuk, kata Sadar, adanya keinginan pemekaran di beberapa wilayah khususnya di Kabupaten Cianjur ini menjadi alasan kawan-kawan di Cianjur Selatan, dan Utara berdiri sendiri.

“Bukan semata-mata alasan itu saja, tapi karena tidak difasilitasi juga tempat-tempat umum bagi mereka untuk melakukan kegiatan dan mengembangkan bakat positif,” ujarnya.

Menurutnya, di provinsi dulu sebetulnya sudah mengupayakan pembangunan fasilitas umum, bahkan siap membiayai. Namun ternyata kabupatennya sendiri yang tidak siap menyediakan tanahnya.

“Tiga kali gagal alias tidak berhasil. Padahal beberapa kali sudah diupayakan,” ujarnya. (dan)