Usai Taklukan Real Madrid, Tim Promosi Ini Libas Barcelona

Barcelona tersungkur di markas tim promosi Cadiz.

RADARCIANJUR.com – Kejutan terjadi pada lanjutan La Liga 2020-2021. Barcelona tersungkur di markas tim promosi Cadiz. Lionel Messi dkk menelan kekalahan 1-2 di Stadion Ramon de Carranza, Minggu (6/12) WIB.

Bagi Cadiz, ini adalah kemenangan pertama mereka melawan Barcelona sejak 1991.

Di laga itu bahkan Barcelona tak mampu mencetak gol dengan pemainnya sendiri, sebab gol mereka dihasilkan dari gol bunuh diri bek Cadiz Pedro Alcala.

Awalnya, Alcala berusaha menghalau bola umpan tarik Jordi Alba. Namun, bola malah melewati bawah kaki kiper Jeremia Ledesma dan bersarang ke gawang timnya sendiri.

Gol itu menghapus keunggulan yang dimiliki Cadiz sejak pertandingan baru berusia delapan menit. Yakni ketika Alvaro Gimenez mencocor bola muntah hasil penyelamatan tak sempurna kiper Marc-Andre ter Stegen.

Namun, kedudukan imbang tak bertahan lama. Sebab, pada menit ke-63 Alvaro Negredo yang baru semenit memasuki lapangan menggantikan Gimenez, memberikan dampak instan dengan menjebol gawang Barcelona lagi.

Gol itu berawal dari kesalahan pemain Barcelona sendiri. Lemparan ke dalam Alba terlalu deras dan tak bisa dikendalikan Clement Lenglet. Bola berusaha disapu Ter Stegen. Tetapi malah jatuh tepat ke hadapan Negredo.

Penyerang gaek berusia 35 tahun itu memperlihatkan ketenanganya. Negredo menghindari jegalan Frenkie de Jong sebelum melepaskan tembakan keras ke gawang Barcelona dan membuat timnya unggul 2-1.

Barcelona berusaha keras untuk mencetak gol balasan lagi dan membalikkan keadaan. Tetapi Ledesma melakukan sedikitnya empat penyelamatan gemilang atas tembakan-tembakan dari Lionel Messi, Miralem Pjanic, dan Antoine Griezmann.

“Ini sangat mengkhawatirkan karena banyaknya kekalahan. Karena semakin banyak kekalahan, semakin jauh kami dari puncak,” ucap gelandang Sergio Busquets kepada Marca.

“Kesalahan individual membuat kami kehilangan banyak poin musim ini,” imbuhnya.

Hasil ini membuat Barcelona menelan dua kekalahan dalam tiga pertandingan terakhir di Liga Spanyol. Mereka tak beranjak dari urutan ketujuh klasemen sementara dengan koleksi 14 poin.

Hasil ini kontras dengan capaian Barcelona di Liga Champions. Dalam lima laga, Barcelona menyapu bersih semua kemenangan.

Sedangkan bagi Cadiz, hasil ini luar biasa. Mereka sukses membukukan kemenangan atas Real Madrid dan Barcelona. Sebelumnya, Cadiz menyikat Real dengan skor 0-1 di kandang lawan. Tambahan tiga angka membuat Cadiz naik ke peringkat kelima dengan raihan 18 poin.(jwp)