Masuki Hari Tenang, APK Paslon Ditertibkan

RADARCIANJUR.com – Memasuki hari tenang jelang pelaksanaan pemungutan suara 9 Desember 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur, tertibkan alat peraga kampanye calon bupati dan wakil bupati.

Penertiban APK mulai dari tingkat Kabupaten hingga desa itu juga melibatkan petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat

Komisioner Bidang Pengawasan Bawaslu Kabupaten Cianjur Hadi Dzikri Nur, mengatakan penertiban dilakukan secara serentak di 32 kecamatan dan 360 desa/kelurahan di Kabupaten Cianjur pada Minggu dini hari, tepatnya mulai pukul 00.01 WIB.

“Penertiban APK pada masa tenang ini, kami menerjunkan sebanyak 4.968 petugas PTPS, 96 orang Panwascam, 360 PKD, serta staf panwascam sebanyak 224 orang,” kata Hadi, kepada wartawan, Minggu (6/12/2020).

Menurutnya untuk di wilayah perkotaan, Bawaslu melibatkan tim gabungan dari Satpol PP serta kepolisian untuk turut menertibkan APK.

Hadi mengatakan pada pelaksanaan penertiban APK, Bawaslu Kabupaten Cianjur juga sudah berkoordinasi dengan para pasangan calon dan timnya untuk menertibkan sendiri APK yang mereka pasang.

“Kami sudah minta agar mereka ikut membantu dengan menertibkan sendiri baliho, spanduk, hingga famplet yang dipasang. Sehingga semuanya bisa selesai di hari pertama masa tenang,” katanya.

Hadi mengatakan APK yang ditertibkan nantinya akan didata dan disita sementara oleh Bawaslu Cianjur.

“Nanti kita akumulatifkan berapa banyak yang berhasil ditertibkan dari setiap kecamatan dan desa se-Kabupaten Cianjur. Sementara nanti diamankan di kantor Bawaslu atau Panwascam,” kata Hadi. (dil)