Setiap TPS di Cianjur Wajib Disemprot Disinfektan

RADARCIANJUR.com- Satu hari sebelum menjelang pencoblosan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Cianjur, setiap Tempat Pemungutan Suara. (TPS) harus dilakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menjamin TPS bebas dari penyebaran Covid-19.

“Dengan cara hari ini semua TPS disemprot disinfektan dan KPPS dan anggotanya jalani rapid test sehingga masyarakat jangan ragu dan bimbang untuk datang ke TPS besok mulai jam 7 Sampai jam 1,” ujarnya.

Dalam hal ini, pihaknya bekerjasama dengan puskesmas dan kepala desa setempat. Ia menegaskan, penyemprotan disinfektan di TPS ini wajib dilakukan.

“Pengamanannya sudah disiapkan, kita kerja sama dengan TNI Polri, Babinsa, babinkamtibmas dan juga ada hansip kita kerahkan,” ungkapnya.

Herman menyebut, di satu TPS akan ada satu tenaga medis. Para pemilih pun akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh terlebih dahulu sebelum memasuki TPS.

“Kalau (suhu) 37, 3 ke atas akan ada ruangan tersendiri, dipisahkan dengan umum dan akan diberikan sarung tangan sehingga aman untuk masyarakat,” paparnya.

Bagi pemilih yang menjalani isolasi, pihaknya akan datang ke masing-masing tempat isolasi. Termasuk di rumah sakit.

Sementara untuk daerah rawan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur dan Retana siaga 24 jam untuk menjaga ketika bencana terjadi.

“Hari ini kita BPBD menempatkan aparatnya di tempat yang riskan bencana dan semua Retana semua siaga 24 jam kalau ada bencana cepat laporkan. Kita siaga untuk menyelesaikan,” tutupnya. (kim)