11 Pohon Tumbang dan Satu Tembok Roboh di Cianjur Memakan Korban Jiwa

TETAP WASPADA: Angin kencang menerjang Kabupaten Cianjur mengakibatkan 12 kejadian pohon dan tembok roboh di sejumlah wilayah, satu orang meninggal dunia serta tiga orang luka-luka. (Foto: Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, selama satu hari di tanggal 8 Desember 2020 telah mencatat sebanyak 12 kejadian saat terjadinya angin kencang di Kabupaten Cianjur. Dari kejadian tersebut, satu orang dikabarkan meninggal dunia karena tertimpa tembok setinggi tiga meter dengan lebar 10 meter di Kampung Kandang Sapi Pasir Sembung Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku.

Selain korban meninggal dunia, terdapat tiga orang mengalami luka-luka di Jalan Dr Ir Djuanda setelah tertimpa satu pohon saat melintas dengan menggunakan kendaraan roda dua. Pihak BPBD Kabupaten Cianjur pun bersiaga dengan kejadian angin kencang yang diduga puncak badai La Nina.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, Dedi Supriadi mengatakan, pihaknya belum menerima keseluruhan laporan dan data kejadian di lapangan. Saat ini baru tercatat 12 kejadian yang diterimanya.

“Ini data yang kami terima, namun belum semua. Karena tim BPBD dan Relawan Tangguh Bencana (Retana) masih bertugas di lapangan,” ujarnya.

Pihaknya pun menurunkan seluruh anggota BPBD dan Retana Kabupaten Cianjur untuk bersiaga jika sewaktu-waktu terjadi kembali angin kencang. Selain itu, BPBD Kabupaten Cianjur pun memberikan imbauan kepada masyarakat yang tengah melakukan aktifitas di luar rumah agar selalu berhati-hati.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cianjur agar berhati-hati terlebih saat beraktifitas di luar rumah, jika hujan atau angin kencang jangan berlindung di bawah pohon besar atau tempat yang dirasa berbahaya. Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya. (kim)

Awas Pohon Tumbang

1. Tugu Kuda Kosong, Sukaluyu

– Tidak ada korban jiwa

2. Desa Mekargalih, Ciranjang

– Kantor desa rusak

– Tidak ada korban jiwa

3. Jalan Raya Bandung Kampung Cikolotok

– Tidak ada korban jiwa

4. Kampung Kandang Sapi Pasir Sembung Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku

– Satu orang meninggal

– Kejadian Pukul 18.00 WIB

– Runtuh tembok setinggi tiga meter panjang 10 meter menimpa korban yang sedang melewati jalan kampung yang berada di bawah tembok tanah kosong milik Ko Apung

5. Jalan Raya Siliwangi

– Tidak ada korban jiwa

6. Jalan Raya Bandung Kampung Sinagar (Perumahan Gading Asri)

– Tidak ada korban jiwa

7. Jalan Maleber (depan Mts Atsur)

– Tidak ada korban jiwa

8. Kampung Tegal Lega Warungkondang

– Dua rumah tertimpa pohon tumbang

– Tidak ada korban jiwa

9. Jalan Pasir Gede Raya, Bojongherang

– Satu unit mobil  tertimpa

– Tidak ada korban jiwa

10. Jalan Raya Bandung Kampung Cikolotok

– Tidak ada korban jiwa

11. Jalan Raya bandung Kampung Cikolotok

– Tidak ada korban jiwa

12. Jalan Raya Bandung Kampung Cikolotok

– Tidak ada korban jiwa