Dihajar RB Leipzig, Manchester United ‘Turun Kasta’ ke Liga Europa

RADARCIANJUR.com – RB Leipzig memastikan Manchester United berlaga di Liga Europa 2020-2021. Ini setelah Leipzig menang 3-2 dalam laga pamungkas Grup H Liga Champions 2020-2021 di Red Bull Arena, dini hari ini (9/12) WIB.

Dalam pertandingan lain, laga Paris Saint-Germain melawan Istanbul Basaksehir untuk sementara dihentikan karena dugaan kasus rasisme yang menimpa asisten pelatih Istanbul Pierre Webo.

Wasit keempat asal Rumania Sebastian Coltescu diduga mengucapkan kata negru (bahasa Rumania berarti hitam) kepada Webo. Para pemain Istanbul protes keras. Pertandingan lantas dihentikan sementara dalam kondisi 0-0.

Namun, andaipun PSG kalah, mereka tetap lolos ke babak 16 besar. Poin mereka memang sama dengan United yakni sembilan. Namun, United tetap menempati peringkat ketiga karena kalah head-to-head melawan PSG.

“Kami tidak bermain baik sebagai tim, dan ini selalu menjadi kesalahan manajer,” kata Manajer United Ole Gunnar Solskjaer dalam konferensi pers pasca petandingan.

Leipzig unggul cepat lebih dulu dengan skor 2-0 pada babak pertama. Masing-masing oleh Angelino pada menit ke-2 dan Amadou Haidara di menit ke-13.

Pada pertengahan babak pertama, Leipzig membobol gawang MU lewat Willi Orban. Tetapi, setelah berkonsultasi dengan VAR, wasit menganulir gol itu karena dianggap offside.

Leipzig memperlebar kedudukan menjadi 3-0 lewat Justin Kuilvert di menit ke-69.

United yang sudah tertinggal jauh memperkecil kedudukan lewat penalti pada menit ke-79. Ini setelah Greenwood dijatuhkan Ibrahima Konate di dalam kotak penalti. Bruno Fernandes yang menjadi eksekutor, sukses menceploskan bola.

Dua menit kemudian, Paul Pogba menghidupkan peluang United. Dia memperkecil kedudukan menjadi 3-2 melalui tandukan. Tetapi, upaya United untuk menyamakan kedudukan gagal terealisasi.

Setan Merah gagal melaju ke babak 16 dan harus bermain di Liga Europa karena berada di peringkat ketiga klasemen akhir Grup H.(jwp)