Pandemi Covid-19, Pembangunan Desa Andalkan Swadaya

Pembangunan jalan gang di Desa Cikahuripan yang dibangun melalui swadaya. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Anggaran Dana Desa infrastruktur di Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong dialihkan untuk penanggulangan pandemi covid-19. Hal itu membuat Pemdes harus berfikir keras untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur.

Sebagai upaya untuk menuntaskan pembangunan infrastruktur, Pemerintah Desa Cikahuripan mengandalkan anggran dari swadaya masyarakat.

Kepala Desa Cikahuripan, Tubagus Daud mengatakan, saat ini sudah ada lima titik pembangunan jalan yang biayanya dari swadaya masyarakat.

“Ada sekitar 2000 meter jalan gang yang dibangun dari swadaya masyarakat,” katanya Jumat (11/12/2020)

Kades mengatakan, lima titik yang dibangun dari anggaran swadaya yakni, jalan gang di Kampung Ciseupan, pembuatan TPT dan rabat beton Kampung Cihurip, pembangunan jalan gang dan MCK di Kampung Cimaja.

“Untuk pembangunan ini, kami manfaatkan anggaran dari masyarakan dan kontribusi perusahaan yang ada di Desa Cikahuripan,” ujarnya.

Lanjut Kades, sebesar 70 persen dari DD Cikahuripan untuk infrastruktur telah dialihkan untuk penanggulangan pandemi covid-19.

“Anggara 70 persen itu kami gubakan untun penyemprotan disinfektan, ruang isolasi, dan bantuan langsung ke masyarakat,” katanya. (dil)