Pilkada 2020 Cianjur di Mata Pengamat Politik

Pengamat Politik Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, Dedi Mulyadi

RADARCIANJUR.com – Meskipun pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 telah usai, salah satunya di Kabupaten Cianjur, namun ternyata memberikan kesan dan pesan mendalam. Pasalnya, ada hal menarik pasca pesta demokrasi daerah ini.

Saat hasil hitung cepat atau quick count telah diumumkan, beberapa calon saling memberikan ucapan selamat kepada Pasangan Calon (Paslon) BHSM atau nomor urut tiga yang menduduki posisi teratas hasil perolehan suara terbanyak.

Pengamat Politik Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, Dedi Mulyadi menilai, dinamika politik Kabupaten Cianjur pada Pilkada 2020 patut mendapatkan apresiasi.

“Melihat dinamika politik Cianjur, saya mensyukuri semua berjalan lancar. Ternyata para calon memiliki jiwa yang sangat luar biasa, ketika hasil quick count atau hitung cepat diumumkan semua calon mengucapkan selamat. Ini penting di dalam perkembangan demokrasi Cianjur dan harus menjadi tanda serta harus dilembagakan,” ujarnya.

Menurutnya, Jika melihat Pilpres, itu salah satu wajah demokrasi Indonesia saat Presiden Jokowi terpilih namun tetap gesekan hingga saat ini masih tetap ada.

“Namun Kabupaten Cianjur berhasil keluar dari stigma tersebut, sehingga ini bisa menjadi penghargaan yang sangat luar biasa kepada semua calon serta perlu apresiasi. Di sisi lain, masyarakat pun turut serta meredam di saat semua calon saling meredam dan lebih legowo serta lebih mementingkan Cianjur kedepannya, maka harus didorong,” paparnya. (kim)