Ratusan Petugas Prokes Pacet Bantu Pastikan Pemungutan di TPS Sehat

TUGAS: Petugas protokol kesehatan (Prokes) wilayah kerja Puskesmas Pacet, tengah membantu jalannya pemungutan suara di TPS. Foto: Dokumentasi For Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Ratusan petugas protokol kesehatan (Prokes) di wilayah kerja Puskesmas Pacet diperbantukan mengecek dan memastikan kesehatan para pemilih di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pilbup Cianjur, Rabu 9 Desember 2020 kemarin.

Kepala Puskesmas Pacet, dr Nelly Emelia Sumitra, mengatakan pihaknya telah menyiapkan sebanyak 129 petugas sebelum pelaksanaan pungut hitung di seluruh TPS yang ada di wilayah kerjanya untuk membantu dalam mengecek dan memastikan kesehatan para pemilih.

“Jadi tugas relawan Prokes itu diantaranya memastikan protokol kesehatan berjalan baik di setiap TPS dengan melakukan 3M. Yakni Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan,” tutur dr Nelly kepada radarcianjur.com.

Selain itu, ia menjelaskan, petugas Prokes pun turut membantu mengkomunikasikan apabila terjadi masalah kesehatan di TPS. Termasuk menginformasikan ke petugas TPS apabila ada warga yang sakit dan tidak dapat datang ke TPS.

“Jadi relawan pun bertugas di luar area TPS. Kecuali diminta bantuannya masuk, serta memastikan limbah medis tertangani dengan baik,” ujarnya.

Ia menambahkan, di sisi lain, secara legal formal pun para petugas Prokes ini telah terdaftar ke Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur.

“Jadi para petugas tersebut sudah terdaftar di Dinkes dan dan melakukan tugasnya sesuai arahan gugus tugas Covid-19 Dinas kesehatan. Termasuk terlampir juga dalam ketentuan KPU kabupaten Cianjur,” pungkasnya. (dan)