Empat Desa di Cibeber Rawan Bencana Hidrometeorologi

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Diantara kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur, Kecamatan Cibeber menjadi salah satu kecamatan rawan bencana hidrometeorologi. Hal tersebut dikarenakan empat desa yang ada di Kecamatan Cibeber menjadi salah satu faktornya yakni Desa Karangnunggal, Girimulya, Selagedang dan Cibokor.

Selain itu, kerawanan yang ‘disematkan’ berdasarkan data dan laporan dari empat kepala desa tersebut.

“Dari hasil pendataan yang kami lakukan dan laporan dari para kepala desa, memang terdapat beberapa wilayah desa,” ujar Camat Cibeber, Ali Akbar.

BACA JUGA : Dua Tempat Isolasi Pasien Covid-19 di Cianjur Dalam Kondisi Penuh

Dirinya pun telah menginstruksikan agar dilakukan pendataan lebih lanjut termasuk tidak melakukan penggarapan lahan hijau.

“Kami sudah menginstruksikan agar dilakukan pendataan dan imbauan kepada masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana supaya meningkatkan kewaspadaan. Termasuk tidak melakukan penggarapan lahan hijau,” jelasnya.

Bahkan, dirinya menindaklanjuti dengan berkomunikasi langsung Perhutani agar lahan kritis yang ada bisa ditanami tanaman keras.

“Iya, kami turut melakukan pendataan di jalur protokol apabila ada pohon besar dengan kondisi tua dan lapuk agar dilaporkan ke kami dan dinas terkait,” tutupnya. (kim)