Pengamanan Prokes Diperketat saat Libur Nataru

RADARCIANJUR.com- Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur akan melakukan pengamanan ketat protokol kesehatan (prokes). Pasalnya, di hari libur Nataru identik dengan perayaan yang bisa mengundang kerumunan massa.

Sementara untuk pengamanan lainnya akan dilakukan secara lintas sektoral oleh Polres Cianjur.

“Tapi untuk protokol kesehatan kita buat 10 check Point. Sebanyak lima checkpoint di puncak-Cipanas dan lima checkpoint di seputaran di Cianjur kota,” ujar Kepala Satpol PP Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetya.

Lima checkpoint di Cipanas dan Puncak terdiri atas Taman Bunga Nusantara, Kota Bunga, Kebun Raya Cibodas, Wisata Sevillage dan satu tim yang bersifat mobile.

“Kemudian kita mengimbau sesuai dengan intruksi gubernur bahwa masyarakat yang akan berkunjung ke Cianjur untuk membawa surat keterangan sehat rapid dan swab test kalau tidak barangkali di kembalikan atau rapi dan swab berbayar,” paparnya.

Meskipun demikian, pihaknya menyebut kebijakan mengharuskan masyarakat luar Cianjur membawa surat rapid test dan swab test masih belum siap.

“Tapi regulasinya belum siap dari kitanya tapi kita mengimbau untuk membawa surat sehat,” jelasnya.

Selain untuk masyarakat, pihaknya mengimbau kepada semua tempat wisata, restoran dan hiburan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama libur Natal dan tahun baru di Kabupaten Cianjur.

“Diberitahukan juga kepada tempat wisata hotel, restoran, tempat hiburan untuk anak, tapi kalau tempat hiburan malam itu sudah tutup,” ungkapnya.

Selain itu, sesuai dengan intruksi Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, masyarakat dilarang melaksanakan perayaan tahun baru karena dapat menimbulkan kerumunan.

“Tidak boleh merayakan tahun baru, jangan sampai ada kerumunan. Dengan kerumunan itu bisa melanggar protokol kesehatan,” tegasnya. (kim)